Blog

Ketahui Perbedaan Website Development VS Website Design

Meskipun keduanya memiliki kata depan yang sama, baik website development dan web design nyatanya mempunyai perbedaan yang sangat besar. Ironisnya, tidak sedikit masyarakat awam yang masih menyamaratakan profesi web designer dengan web developer padahal keduanya merupakan profesi yang berbeda.

Ketahui Perbedaan Website Development VS Website Design

  1. Definisi

Dari namanya saja sebetulnya kita bisa menebak dengan baik apa itu web design dan web development. Web design merupakan suatu pekerjaan yang memerlukan keterampilan desain visual tingkat tinggi. Lantas, apa itu web development?

Yang dimaksud dengan web development adalah bidang pekerjaan yang berkaitan dengan pengembangan website. Web yang mereka kembangkan merupakan website profesional yang berisi konten informative atau promosi perusahaan.

  1. Hasil atau Tujuan Pekerjaan

Desainer interior memiliki tanggung jawab besar untuk menata suatu hunian atau gedung agar terlihat lebih cantik dan mengesankan dari sebelumnya. Kondisi serupa terjadi pada web desaigner yang bertugas untuk mendesain suatu web agar memiliki penampilan yang atrakif dan eye catching.

Sebaliknya, tugas utama web developer bagi agensi digital marketing adalah membangun suatu situs yang bermanfaat untuk klien. Semakin menarik dan user friendly suatu situs artinya semakin baik dan positif nama agensi di mata partner kerja. Kesempatan untuk menjaring klien baru terbuka selebarnya.

  1. Keterampilan yang Dibutuhkan

Seorang web designer harus berada dalam kondisi siap sedia kapan saja perusahaan membutuhkan keahlian mereka dalam mendesain website. Tidak hanya mengolah gambar dengan sempurna, web designer juga harus menggunakan prinsip kerja desain dalam mengelola visualisasi situs. Ini penting agar hasil desain website mereka tampak unik dan epic.

Coba bayangkan jika web yang Anda kunjungi tampak berantakan? Bisa jadi keinginan untuk melihat dan menjelajahi website berkurang bahkan menghilang. Agar kondisi tersebut tidak terjadi, sudah menjadi tugas web developer untuk membangun website yang sempurna dan komunikatif.

  1. Penawaran Harga

Terlepas dengan bidangnya yang berbeda entah itu web design atau web development masing-masing memiliki harga penawaran yang tinggi. Anda yang memiliki modal banyak silahkan pilih jasa digital agency Jakarta terbaik untuk memperoleh hasil paling optimal. Meskipun mahal profit yang masuk ke kantong perusahaan sangat besar dan memuaskan.

Mengapa profesi ini perusahaan bayar dengan mahal? Karena pekerjaan desain atau membangun website bukanlah pekerjaan sepele. Ada banyak sekali teori dan praktek yang harus seseorang kuasai untuk menjadi ahli dalam bidang pembangunan website maupun desain. Mereka juga harus memiliki berbagai sertifikasi yang menonjolkan keterampilannya.

Keberagaman profesi dalam digital pemasaran merupakan hal biasa karena promosi online juga tidak selalu menggunakan sosial media atau email marketing. Anda yang sejak awal lebih suka menggunakan blog sebagai media promosi, pelajari jenis-jenis perbedaan website development dan web design tersebut.

Oleh: gogo.co.id

WhatsApp WhatsApp us