Blog

Tren Digital Marketing 2021 yang Penting Dilakukan

Tren digital marketing tiap tahunnya selalu berubah-ubah mengikuti gaya hidup dan perkembangan teknologi globalisasi. Sebagai negara yang berdiri sendiri, Indonesia tidak menyerap semua tren pemasaran digital tersebut. Riset, percobaan dan pencocokan merupakan tiga tahapan penting yang wajib dilakukan.

Tren Digital Marketing 2021 yang Penting Dilakukan

Memasuki babak baru dalam perkembangan bisnis digital, seorang pebisnis wajib memiliki taktik bisnis terbaru. Apakah Anda masih belum memilikinya? Silahkan cek referensi tren pemasaran digital berikut.

  1. Lebih Banyak Menggunakan Video Marketing

Selama beberapa tahun terakhir ini, semua mata sedang tertuju pada YouTube. YouTube merupakan aplikasi terlaris yang tidak hanya digunakan di Indonesia tapi juga seluruh dunia. Penggunanya pun meliputi banyak generasi mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Besarnya pengaruh YouTube dimanfaatkan beberapa pihak salah satunya pebisnis produktif. Para pebisnis menggunakan YouTube sebagai media posting video marketing. Berbagai video promosi yang dikemas secara menarik untuk memperkuat branding atau promosi produk.

  1. Perkembangan AI Semakin Memuncak

Menggunakan AI sebagai pemasaran online, apa bisa berhasil? AI merupakan teknologi komputasi modern yang diterapkan pada berbagai bidang seperti bidang kesehatan, bisnis dan sebagainya. 

Pada gilirannya, AI membantu meringankan pekerjaan manusia dengan fitur kecerdasan buatannya. Salah satu contoh aplikasi AI dalam bidang bisnis adalah penggunaan robot untuk membantu proses produksi.

  1. Manfaatkan Ecommerce

Nama ecommerce mungkin sudah sangat familiar bagi masyarakat karena kegiatan belanja online tidak bisa dipisahkan dari gaya hidup urban. Mengikuti jejak pebisnis lainnya, Anda bisa membuat akun di beberapa ecommerce untuk mempromosikan barang dagangan.

Supaya lebih menguntungkan, bergabunglah dengan ecommerce yang menawarkan banyak promo menarik seperti gratis ongkir atau voucher cashback.

  1. Unik Konten Dengan Bobot Ekslusif

Teknik digital agency Jakarta sangat beragam termasuk menawarkan konten berbobot ekslusif untuk meningkatkan traffic website. Ironisnya, masih banyak pebisnis online yang melakukan kesalahan ketika membuat konten sehingga hasilnya kurang maksimal.

Jalan terbaik menghindari kesalahan tersebut adalah bergabung dengan agensi pemasaran digital terbaik. Agensi digital akan menyelesaikan permasalahan ini dengan tangkas dan efektif.

  1. Lebih Awas Terhadap Isu-Isu Sosial

Isu sosial bukan hanya menjadi perhatian para praktisi sosial saja buktinya banyak perusahaan atau penyedia jasa yang mulai memanfaatkannya. Tren pemasaran digital yang berkiblat pada isu sosial meliputi bidang lingkungan hingga perekonomian.

Contoh paling konkret bisa Anda temukan pada sejumlah produsen smartphone. Mereka sengaja memproduksi ponsel pintar dan menjualnya ke pasaran tanpa charger. Upaya ini disebut-sebut sebagai usaha menjaga lingkungan dari sampah.

Selain kelima tren pemasaran digital di atas, masih banyak tren lainnya. Namun sebagai permulaan, pilih satu atau beberapa tren tersebut dan lihat hasilnya.

Ketika hasilnya positif atau justru mengembangkan bisnis Anda, lakukan secara berkelanjutan. Tahap terakhir, bergabunglah dengan agen digital marketing yang lebih memahami bidang ini.

Oleh: gogo.co.id

WhatsApp WhatsApp us