Blog

Sosmed Terbaik untuk Melakukan Sosial Media Marketing

Social media marketing merupakan tempat jualan paling asyik yang bisa kita geluti sehari-hari. Selain bisa dilakukan di rumah, cara ini bisa juga dilakukan di mana saja asal ada jaringan internet dan ponsel canggih. Bahkan rasanya akan aneh jika ada bisnis atau pengusaha yang tidak memiliki social media untuk bisnis. Karena berbeda dari jualan offline, jangkauan konsumen di social media lebih luas. Pelaku usaha bisa menawarkan produknya ke seluruh pelosok Indonesia bahkan hingga ke luar negeri.

5 Sosial Media Marketing Paling Hits Di Kalangan Pebisnis

Meskipun tampak sangat mudah dan menjanjikan, berjualan via social media juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Harus ada perencanaan supaya target marketing tercapai. Sebagai rekomendasi, simak lima media social untuk marketing berikut ini:

1. Facebook

Meskipun usianya sudah 15 tahun, social media ini tetap banyak digunakan oleh pelaku usaha. Berjualan secara online melalui Facebook memang menawarkan kemudahan, pelaku usaha bisa memperkenalkan produknya dengan mudah. Bila ada konsumen yang tertarik bisa langsung menghubungi via pesan pribadi atau komentar di dinding percakapan. Agar bisa menjangkau konsumen lebih luas lagi, umumnya pelaku usaha akan menggunakan fitur Ads yang telah disediakan oleh Facecbook. Tips media social ini sudah dibuktikan oleh banyak orang dan terbukti efektif.

2. YouTube

Eksis di YouTube mungkin jadi keinginan dari banyak orang, apalagi dengan memasang iklan di konten YouTube bisa menghasilkan uang. Selain menghasilkan uang dari iklan, pelaku usaha bisa sekalian memperkenalkan produk maupun jasanya lewat YouTube. Pengguna YouTube di dunia sangat banyak, setiap hari ada konten baru yang diunggah.

3. Instagram

Memakai Instagram dan memiliki follower yang banyak kini bisa dimanfaatkan sebagai digital marketing. Cukup share potongan gambar atau video menarik yang menunjukkan produk atau jasa yang ditawarkan. Dari yang awalnya hanya berteman untuk kepentingan pribadi bisa maju setingkat lebih dekat menjadi kolega bisnis. Instagram juga banyak dimanfaatkan oleh orang-orang penting untuk berpromosis, jadi tidak perlu takut untuk mencoba.

4. Twitter

Selain Facebook dan Instagram, media social paling populer yang juga jadi andalan untuk berbisnis adalah Twitter. Media social ini cocok jika pelaku usaha memiliki cukup banyak followers yang mengikutinya. Buat rancangan marketing dengan benar, jika berencana untuk menjual produk kecantikan maka giat-giatlah untuk berinteraksi dengan followers wanita. Lakukan juga sebaliknya, namun bila barang yang dijual sifatnya umum maka berinteraksilah dengan semua followers yang ada.

5. Pinterest

Sosial media marketing terakhir yang direkomendasikan adalah Pinterest. Pelaku usaha biasanya membuat etalase toko di Pinterest. Media social ini memiliki fitur dan tampilan yang hampir mirip dengan Instagram.

Demikianlah beberapa sosmed yang bisa digunakan oleh pelaku bisnis. Selain memperkenalkan produk ke konsumen Indonesia, pelaku usaha bisa memperkenalkan produknya ke konsumen mancanegara.

Oleh: gogo.co.id

WhatsApp Chat with us!