Peran Digital Marketer Saat Melakukan Aktivitas Pemasaran Produk

Peran digital marketer sangat krusial karena memiliki keahlian untuk mengetahui seluruh media digital yang diterapkan untuk semua kegiatan pemasaran yang dilakukan. Mungkin banyak orang yang bertanya apa pekerjaan seorang digital marketer dalam sebuah bisnis. Berikut ini adalah jawabannya.
Peran Digital Marketer Saat Melakukan Aktivitas Pemasaran Produk
- Mengelola Website Resmi Bisnis
Konten yang diposting tanpa menggunakan optimasi SEO tentu saja pengunjung yang akan datang akan sangat kecil. Kecuali jika dioptimasi melalui promosi atau iklan di media sosial. Peran digital marketer dalam bisnis memiliki keahlian untuk memberikan solusi agar bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung.
Digital marketer juga memiliki kemampuan untuk mengarahkan landing page dan juga website dari beragam sudut seperti landing page, copywriting, navigasi, desain dan tampilan agar konsumen tertarik untuk berkunjung.
- Mengelola Search Engine Marketing (SEM)
Peran digital marketer adalah dapat mengelola iklan yang ada di Google Ads dengan optimal. Tugas digital marketer selain mengoptimasi SEO adalah mengelola Search Engine Marketing (SEM). SEM adalah sebuah metode yang bisa digunakan dengan mudah untuk bisa hadir di laman utama Google agar menjaring calon konsumen dengan cepat.
Digital marketer berpengalaman juga harus bisa mengelola iklan. Digital marketer tersebut juga harus memiliki sertifikat google partner. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan dengan biaya yang telah dikeluarkan.
- Mengoptimasi Search Engine Optimization (SEO)
Dengan mengoptimasi SEO, peluang pengunjung banyak yang datang akan sangat besar dari Google. Sebagian besar pengunjung itu diharapkan bisa menjadi pembeli yang potensial. Sebuah website tidak bisa menjaring banyak pengunjung tanpa SEO, kecuali merogoh kocek yang dalam untuk iklan.
Peran utama digital marketer salah satunya bisa mengoptimasi SEO untuk sebuah website. Hal tersebut bertuuan agar website bisa muncul di halaman utama Google, sehingga bisa menjaring banyak calon pembeli.
- Bertanggung Jawab Soal Display Advertiser
Salah satu pekerjaan digital marketer adalah mengelola iklan display banner yang ada di website. Metode yang paling sering diterapkan adalah Google Display Network (GDN) yang merupakan bagian Google Ads yang menggunakan biaya per view atau per klik.
Display tersebut bertujuan untuk menndapatkan perhatian pengunjung akan jasa atau produk yang ditawarkan. Perusahaan besar akan selalu mengandalkan iklan display untuk membuat awareness sebuah produk.
- Membantu Pengelolaan Social Media Marketing (SMM)
Digital marketer memiliki keahlian dalam hal pengelolaan iklan di media sosial. Yang paling sering digunakan adalah Instagram Ads dan Facebook Ads. SMM merupakan sebuah teknik untuk menerapkan media sosial untuk dapat membuat awareness pada sebuah brand, jasa dan produk.
Tujuan adanya iklan SMM adalah untuk menarik pengunjung terhadap sebuah brand, jasa atau produk. Salah satu peran digital marketer ini acap kali terlihat di Instagram atau Facebook.
Recent Comments