Blog

Pentingnya Sosial Media Sebagai Sarana Pemasaran di Era Digital

Merebaknya peran digitalisasi rupanya merambah ke dunia marketing. Maka tidak mengherankan pentingnya sosial media untuk dipelajari sebagai salah satu platform terbaik untuk beriklan. Apalagi merebaknya pengguna sosmed menjadikan sebuah perusahaan harus mempekerjakan ahli khusus di bidang ini.

Pentingnya Sosial Media Sebagai Sarana Pemasaran di Era Digital

  1. Hadirkan iklan interaktif

Melalui penggunaan jasa digital marketing di bidang sosial media, maka sebuah brand bisa melakukan iklan secara lebih interaktif. Mereka bisa berinteraksi langsung secara lebih dekat di kolom komentar yang tersedia dengan audience. Dengan begitu brand bisa selangkah lebih dekat dari para target marketnya.

  1. Sesuai dengan tren

Beriklan melalui sosial media akan mempermudah perusahaan dalam memahami tren yang sedang berjalan. Pasalnya tren tersebut biasanya ramai diperbincangkan di sosial media tersebut. Dengan begitu perusahaan bisa lebih mudah menyesuaikan cara beriklan atau kata-kata yang digunakan agar iklan mendapatkan banyak views.

  1. Dapat melihat konsumen lebih lekat

Melalui sosial media, maka perusahaan bisa sedikit mengintip profile dari para pengikutnya. Hal ini bisa dijadikan ajang survey kecil-kecilan untuk melihat kebiasaan konsumen. Dengan begitu perusahaan bisa lebih tahu apa yang mereka butuhkan untuk disediakan.

  1. Mendapatkan brand awareness

Membludaknya para pengguna sosial media menyebabkan iklan yang ditayangkan lebih besar kemungkinan mendapatkan brand awareness. Apalagi jika perusahaan berhasil menghadirkan iklan yang menarik dengan teknik soft selling. Hal ini membuat orang jadi tidak sadar sedang menonton sebuah iklan tersebut.

  1. Pendapatan meningkat

Dengan peluang besar menampilkan iklan pada para pengguna sosmed yang begitu banyak jumlahnya, maka peluang menjaring pembeli pun ikut meningkat. Tentunya hal ini pun harus diimbangi oleh kualitas produk yang juga baik. Sehingga akan mendulang review kepuasan konsumen melalui konten di sosmed yang mereka post.

  1. Meningkatkan brand loyalty

Pentingnya sosial media untuk iklan dikarenakan platform ini mampu membangun komunitasnya sendiri. Misalnya jika seseorang memang tertarik pada sebuah brand, maka tidak segan mereka akan klik tombol follow. Dengan begitu secara otomatis akan membentuk sebuah komunitas yang solid sesuai audience.

  1. Audience tidak terbatas

Perusahaan bisa menjangkau sebanyak-banyaknya kalangan melalui beriklan menggunakan sosial media. Tentunya dibanding beriklan melalui billboard, memakai sosmed dirasa lebih efektif.

Apalagi di dalamnya terdapat algoritma tertentu sehingga iklan hanya tertampil pada mereka yang terlihat sesuai. Bandingkan dengan advertising melalui billboard, di mana semua pengguna jalan bisa melihatnya. Namun mereka yang menyaksikan belum tentu adalah sasaran yang tepat untuk produk tersebut.

Pentingnya sosial media di era digital memang tidak lepas dari tren pengguna sosmed yang semakin lama makin meningkat. Maka tidak salah jika hal ini kemudian menjadikan pekerjaan di bidang social media specialist menjadi salah satu yang paling dicari. Tertarik untuk bekerja di bagian ini?

WhatsApp chat