Blog

Penting Untuk Mengetahui 5 Tugas Pokok Sosial Media Marketing

Setiap pekerjaan memiliki tanggung jawab dan tekanannya tersendiri tidak terkecuali sosial media marketing. Beda dari sales yang memasarkan produk dari pintu ke pintu, tugas sosial media pemasaran lebih condong ke digital marketing. Lantas, apa saja kewajiban kerja yang mereka emban sehari-harinya?

Penting Untuk Mengetahui 5 Tugas Pokok Sosial Media Marketing

  1. Menjalin Koneksi dengan Customer

Sudah menjadi rahasia umum jika departemen marketing adalah departemen pertama yang bertanggung jawab memasarkan atau mengenalkan produk dan jasa. Alasan itu pulalah yang membuat orang-orang departemen tampil rapi dan menarik serta luwes ketika berbicara.

Tidak beda jauh dari para marketing lainnya, sosial media pemasaran juga wajib menjalin hubungan yang baik terutama dengan para customer. Semakin baik dan erat hubungan yang terjalin justru semakin bagus karena dapat menguntungkan perusahaan.

  1. Riset Konten untuk Unggah ke Sosial Media

Selain bersikap luwes kepada customer, sosial media pemasaran juga wajib melakukan riset konten sebelum mengunggahnya ke berbagai sosial media. Kegiatan ini wajib Anda lakukan jika memilih tidak menyewa jasa digital marketing sebagai sosok promotor yang menggerakkan promosi sosial media.

Apa saja keuntungan riset konten? Keuntungan dari kegiatan ini sangat banyak salah satunya meningkatkan atensi audience sehingga tertarik klik konten yang Anda bagikan. Prosesnya mungkin sulit dan memakan banyak waktu namun seimbang dengan hasil akhir yang perusahaan terima.

  1. Membuat Laporan Barang Masuk dan Keluar

Seorang sosial media pemasaran juga memiliki kewajiban untuk membuat laporan dari hasil penjualan barang atau penggunaan jasa setiap bulannya. Laporan tersebut akan menjadi bahan penilaian perusahaan untuk membenahi kekurangan dan meningkatkan kelebihan yang mendukung pemasaran produk atau jasa.

Apakah membuat laporan barang masuk dan keluar itu sulit? Tidaklah sulit terutama jika Anda berhasrat untuk belajar dan membaca banyak materi terkait bisnis. Pelajari juga tips media sosial yang biasa para ahli bagikan pada website mereka.

  1. Membuat dan Desain Konten Iklan

Setiap orang memiliki tujuan masing-masing ketika sharing konten ke sosial media begitu pula perusahaan. Tugas sosial media pemasaran adalah mengakomodasi berbagai tujuan perusahaan untuk memperkenalkan jasa atau meningkatkan penjualan produk.

Cara terbaik untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah menampilkan konten iklan yang menarik. Itulah mengapa seorang sosial media pemasaran wajib menguasai teknik desain konten iklan meskipun tidak seahli desainer grafis.

  1. Membuat Kampanye yang Unik

Belum cukup membuatkan konten iklan yang fresh, sosial media pemasaran juga wajib menggalang kampanye yang efektif menarik perhatian audience. Kampanye yang mereka bagikan pun harus berbeda dari minggu ke minggu sehingga audience tidak merasa bosan.

Meskipun terlihat mudah nyatanya pekerjaan sebagai sosial media pemasaran membutuhkan banyak keterampilan dan keahlian. Tanpa semua keterampilan tersebut sulit bagi Anda untuk mengemban dan menjalankan fungsi sebagai sosial media marketing dengan baik dan ideal.

Oleh: gogo.co.id

WhatsApp WhatsApp us