Blog

Penggunaan Email Untuk Digital Marketing

Penggunaan email untuk digital marketing memang terlihat ‘jadul’ atau kurang menarik. Namun email marketing untuk digital marketing tetap bisa digunakan dengan efektif. Bahkan ada juga beberapa orang yang lebih memilih menerima bentuk promosi dari sebuah produk dalam bentuk email.

Selain lebih ringkas juga terlihat lebih sederhana. Akan tetapi saat menggunakan email untuk digital marketing, Anda juga perlu memikirkan beberapa ide agar email tersebut bisa menarik dan juga meningkatkan konversi penjualan Anda. Berikut ini adalah beberapa ide yang bisa Anda gunakan.

Ide menarik penggunaan email untuk digital marketing

1. Membuat email selamat datang untuk pelanggan baru

Mengirimkan email ucapan selamat datang untuk customer baru merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini akan membantu Anda menciptakan kesan yang baik dari pelanggan baru terhadap produk atau brand Anda.

Akan tetapi juga penting untuk membuat kartu ucapan yang menarik dan mudah dibaca untuk menciptakan kesan bahwa Anda menyambutnya dengan baik, misalnya menggunakan nada percakapan dan lain sebagainya.

Selain memberikan sambutan yang baik, Anda juga bisa memberikan keuntungan dari bergabungnya customer baru tersebut, seperti memberikan potongan harga untuk pembelian produk Anda. Dengan memberikan hadiah tersebut, secara tidak langsung Anda juga menarik pelanggan Anda untuk kembali berbelanja produk Anda.

2. Membuat email marketing promosi secara musiman

Pada umumnya setiap bulan pasti memiliki highlight tertentu seperti tahun baru pada bulan Januari, Valentine di bulan Februari dan seterusnya. Beberapa highlight tiap bulan tersebut bisa Anda manfaatkan untuk membuat email promosi yang juga sesuai dengan produk Anda.

Promosi ini bisa termasuk promosi musiman yang ada di setiap bulannya. Kemudian Anda bisa mengirimkan promosi tersebut setiap bulan yang sesuai. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan momen hari raya untuk setiap agama dengan melalukan promosi, misalnya paket bingkisan dengan produk Anda dan lain sebagainya. Anda juga bisa menggunakan jasa digital agency untuk membantu mengirimkan email tersebut ke semua pelanggan Anda.

3. Email marketing pengingat promosi

Jika tadi Anda sudah mengirimkan email marketing promosi secara musiman, selanjutnya Anda bisa mengirimkan email untuk pengingat promosi yang sedang berlangsung. Hal ini tentunya berguna untuk mengingatkan kembali pelanggan Anda pada promosi yang sedang berlangsung. Cara ini juga bagus agar promosi yang sudah Anda lakukan dan buat tidak sia-sia.

4. Membuat survei

Survei pelanggan merupakan hal yang bagus yang berguna sebagai feedback dan bahan evaluasi digital marketing Anda. Kirimkan email yang berisi survei mengenai kepuasan pelanggan dalam membeli produk Anda.

Jangan lupa juga untuk memberikan kolom berisi kritik dan saran untuk peningkatan digital marketing Anda selanjutnya. Untuk Anda yang menggunakan jasa digital marketing, jangan lupa untuk memberikan email survei kepada pelanggan

Demikian adalah artikel mengenai penggunaan email untuk digital marketing yang mungkin berguna untuk Anda.

Oleh: gogo.co.id

WhatsApp WhatsApp us