Blog

Pengertian Transformasi Digital dan Ranah Pemanfaatannya

Digital agency  penting untuk mengetahui apa itu transformasi digital sebab penggunaan teknologi tak bisa dilepaskan dalam kemajuan bisnis. Termasuk juga perusahaan ini selalu bergantung pada teknologi sehingga pekerjaan jadi lebih mudah.

Digital agency harus tahu pengertian transformasi digital dan ranah pemanfaatannya

Kini bisnis dan perusahaan berbasis online atau digital akan sangat bagus jika menggunakan transformasi digital. Untuk pengertian dan penjelasan lebih lengkap, bacalah penjelasan berikut:

1. Pengertian Transformasi Digital

Transformasi digital ialah transformasi yang digunakan dalam bisnis yang hanya merujuk kepada perubahan yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital. Misalnya perubahan pada strategi pemasaran digital operasi, pendekatan pemasaran, model bisnis dan lainnya yang berhubungan.

Strategi perubahan  bisnis kini sudah berubah dalam bentuk mempromosikan bisnis melalui media cetak atau media sosial. Selain itu transformasi digital juga berhubungan tidak menggunakan kertas lagi sebab data bisa disimpan dalam bentuk soft file atau dalam bentuk e-book.

2. Transformasi Digital dalam Dunia Hospitality

Dunia hospitality yang dimaksud di sini seperti hotel,  transformasi digital memungkinkan calon konsumen untuk lebih mudah memesan kamar yang diinginkan, juga termasuk dalam pemesanan yang lainnya yang bisa dilakukan dengan mudah. Ini adalah sisi negatif transformasi digital untuk hotel.

Sedangkan untuk sisi negatifnya, akan banyak pesaing yang bermunculan. Agar tidak kalah saing bahkan ada yang menurunkan harga menjadi sangat murah, apalagi saat ini banyak hotel harga terjangkau dengan fasilitas yang memadai. Juga ada hotel yang bekerja sama dengan aplikasi travel sehingga lebih banyak keuntungan yang didapatkan. Berbagai promo juga sering ditawarkan demi mendapat banyak konsumen ataupun pelanggan hotel.

3. Transformasi Digital dalam Dunia E-Commerce

Perusahaan e-commerce contohnya tentu sangat berhubungan dengan teknologi digital, saat ini juga banyak perusahaan bergerak di bidang digital marketing. Jika bisa dimanfaatkan dengan baik   yang didukung oleh manajemen yang baik, maka perusahaan ini bisa bertahan lebih lama. Namun jika salah perhitungan tentu akan merugikan, tetapi sejauh ini di Indonesia jarang ada perusahaan e-commerce yang bangkrut sebab masyarakat Indonesia sangat senang berbelanja terutama belanja online.

4. Transformasi Digital dalam Dunia Perbankan

Dunia perbankan juga memanfaatkan transformasi digital agar lebih dekat dengan konsumen. Misalnya kini hadir aplikasi mobile banking yang sangat memudahkan konsumen melakukan transaksi keuangan. Kegiatan penarikan uang pun lebih mudah dengan adanya kartu ATM, jadi meskipun hari libur atau saat bank sudah tutup, uang tetap bisa ditarik.

Berbagai data nasabah bisa diakses lebih cepat dengan memanfaatkan teknologi, dan semuanya bisa disimpan dengan aman dalam berbagai perangkat yang digunakan. Bagi yang bekerja di bank tentu sangat tahu bahwa transformasi digital sangat berpengaruh di dunia perbankan. Selain memudahkan, juga mempercepat proses pekerjaan.

Itulah 4 penjelasan yang perlu diketahui oleh digital agency mengenai transformasi digital serta kegunaannya dalam bidang masing-masing. Tentunya ini bisa didapatkan jika benar-benar memahami teknologi yang digunakan. Semoga bermanfaat.

Oleh: gogo.co.id

WhatsApp WhatsApp us