Blog

Mengenal SEM dan Kriteria Artikel Search Engine Optimization Friendly

Ada perbedaan besar antara Search Engine Optimization dan SEM tapi sayangnya masih sedikit orang yang memahami seluruh perbedaan tersebut. SEO friendly tidak bisa lepas dari kontan artikel yang perusahaan terbitkan pada suatu website. Makin berbobot konten yang terbit makin tinggi pula kemungkinan konten masuk ke halaman utama pencarian Google.

Mengenal SEM dan Kriteria Artikel Search Engine Optimization Friendly

Hal utama yang membedakan SEO dengan SEM adalah proses penyebaran kontennya. SEM mengandalkan iklan untuk mengenalkan website ke target marketing sementara SEO friendly lebih fokus memakai konten artikel. Anda yang tertarik menggunakan konten artikel untuk memasarkan produk atau jasa terapkanlah beberapa hal berikut ini:

  1. Isi Artikel Tidak Panjang atau Terlalu Pendek

Artikel yang mengandung SEO friendly harus memiliki panjang kata yang sesuai, tidak terlalu sedikit tapi juga tidak terlalu panjang. Mengapa? Artikel yang terlampau panjang membuat audience merasa enggan untuk membacanya sementara artikel terlalu pendek memaparkan informasi yang kurang lengkap.

Pelajari dengan seksama batas panjang artikel SEO friendly. Cobalah berpikir dari sisi audience. Cara ini akan membantu Anda mengetahui berapa jumlah kata yang cocok untuk membuat artikel SEO friendly.

  1. Struktur Artikel Jelas dan Mempunyai Heading

Jasa digital agency memiliki divisi yang khusus bekerja membuat konten artikel.  Artikel yang mereka buat telah memenuhi syarat dan kaidah SEO friendly termasuk penempatan heading di dalamnya.

Penambahan heading tidak hanya membuat artikel menjadi lebih rapi tapi juga eye catching. Artikel dengan heading memudahkan pembaca untuk mengetahui ke mana arah penulisan artikel tersebut.

  1. Sesuai dengan Semua Pembaca (User Friendly)

Dalam penulisan artikel digital ada banyak sekali subjek yang menjadi tolak ukur penggunaan gaya bahasa. Contohnya artikel anak muda yang umumnya menggunakan bahasa casual sedangkan artikel formal memakai bahasa baku.

Apa pun subjek dan gaya bahasa yang Anda pakai usahakan buatlah artikel yang user friendly. Artikel seperti ini lebih mudah pembaca terima dan pahami. Bila mengalami kesulitan dalam menulis artikel lakukanlah praktik menulis secara konsisten dan kontinyu.

  1. Menambahkan Keyword pada Setiap Artikel

Sudah menjadi rahasia umum apabila Search Engine Marketing bersinergi dengan kegagalan atau keberhasilan mahir pemanfaatan artikel SEO friendly. Artikel SEO friendly  memakai keyword untuk memperkuat konten artikel suatu website sehingga bisa maju terus ke halaman utama mesin pencarian.

Mekanisme ini tidak terlepas dari kebiasaan audience yang kerapkali menuliskan kata kunci pada mesin pencarian. Apa dan bagaimana cara menemukan keyword yang cocok bisa Anda pelajari dari perusahaan digital agency.

  1. Lengkapi Artikel dengan Internal Link

Ada satu lagi cara yang mampu mendukung artikel agar menjadi konten SEO friendly yakni dengan menambahkan internal link. Siapa pun yang klik link tersebut membuat mesin pencarian secara otomatis merayapinya dengan mudah dan cepat.

Membuat artikel SEO friendly membutuhkan banyak pengetahuan dan keahlian. Anda yang kurang berpengalaman bisa meminta bantuan digital agensi untuk menjalankan Search Engine Optimization atau SEM sesuai kaidah yang ada.

Oleh: gogo.co.id

WhatsApp WhatsApp us