Blog

Memilih SEO atau SEM yang Baik untuk Strategi Marketing

SEO dan SEM merupakan salah satu cara untuk melakukan marketing. Memilih SEO atau SEM yang sebaiknya digunakan untuk memaksimalkan konten marketing dalam meraih target. Diperlukan beberapa faktor yang digunakan untuk acuan dalam memilih.

Tips dalam memilih SEO atau SEM

  1. Seberapa tahu tentang industri yang dijalani

Tips memilih SEO atau SEM yang digunakan untuk website marketing adalah mengetahui terlebih dahulu mengenai industri yang dijalani. Jika sudah berada di industri yang cukup lama maka akan mengenal lebih dalam mengenai industri tersebut.

Dengan begitu maka dapat menentukan SEO atau SEM yang bagus digunakan untuk strategi marketing. Jika ingin dalam jangka panjang maka dapat memilih SEO. Akan tetapi jika masih belum mengenal secara detail bisa memilih SEM untuk riset audiens.

Dengan melakukan uji dapat menentukan ide, jas, atau produk yang akan ditawarkan kepada audiens dengan pemasaran yang seperti apa.

2. Mempertimbangkan kompetitor

Selanjutnya yang dilihat adalah kompetitor menggunakan strategi yang bagaimana. Mencari tahu mengenai keyword yang digunakan yang dapat meraih pencarian organik paling banyak.

Selain itu juga mempertimbangkan apakah dapat melakukan rencana untuk merebut posisi kompetitor menggunakan SEO. Apabila memiliki keraguan untuk menggunakan SEO dapat melihat keyword berbayar yang digunakan. Hal itu dapat menjadi celah untuk merebut posisi menggunakan SEM. Riset keyword dapat menggunakan beberapa tools gratis.

3. Melihat status website

Melakukan riset mengenai status website terlebih dahulu. Riset digunakan untuk tahu tentang website Anda terdapat potensi untuk dapat tumbuh dengan strategi SEO yang berjalan atau tidak. Jika statusnya buruk maka dapat menggunakan SEM sebagai gantinya.

Menggunakan SEM terlebih dahulu bersamaan dengan memperbaiki strategi SEO. Anda dapat mendapatkan hasil yang maksimal dari SEO di website dengan menggunakan tools berbayar.

4. Mempertimbangkan umur website

Jika bisnis yang dibangun masih baru atau masih baru dalam membuat website. Disarankan untuk melakukan keduanya, yaitu SEO dan SEM secara bersamaan. Dengan begitu dapat mendorong website untuk berkembang lebih cepat.

Dengan SEM dapat membantu mendatangkan trafik sambil mengoptimalkan strategi SEO. Jika website sudah berjalan cukup lama maka dapat memilih manakah yang paling efektif untuk strategi marketing.

5. Menghitung biaya

Jika ingin memilih SEO atau SEM untuk marketing dapat memikirkan terlebih dahulu anggaran biaya untuk marketing. Dengan melakukan riset dapat mengetahui seberapa besar jika menggunakan SEO atau SEM.

Jika anggaran hanya terbatas dapat memilih salah satu SEM untuk jangka waktu pendek dan mengoptimalkan SEO. Kemudian jika memiliki anggaran yang besar dapar menggunakan SEM untuk jangka waktu yang cukup lama dan juga menggunakan SEO.

6. Lama siklus beli

Jika Anda memiliki audiens atau pelanggan yang ingin membeli produk yang ditawarkan secara langsung dan cepat maka memilih SEM. Dikarenakan pada SEM audiens akan diarahkan langsung untuk melakukan pembelian di antara konten dan siklusnya pendek.

Sedangkan pada SEO pelanggan pada umumnya akan mencari tahu terlebih dahulu dan memilah cukup lama untuk membeli. Karena SEO memiliki tujuan sebagai solusi atau jawaban dalam beberapa masalah yang berhubungan dengan produk yang ditawarkan.

Dalam menentukan memilih SEO atau SEM yang baik untuk bisnis perlu dilakukan untuk memaksimalkan strategi marketing yang telah dibuat. Beberapa hal perlu dilihat dalam menentukan pilihan tersebut mulai audiens hingga di dalam bisnis itu sendiri. 

WhatsApp WhatsApp us