Blog

Ketahui 5 Tugas Pakar Search Engine Marketing

Seseorang bisa kita sebut sebagai pakar Search Engine Marketing apabila menguasai dengan baik seluruh teori dan praktek SEM lama maupun terbaru. Permasalahannya, banyak orang yang ingin menjadi pakar SEM namun tidak memahami dengan baik apa tugas utama dari profesi ini. Alhasil, pekerjaan mereka menjadi sia-sia dan tidak maksimal.

Ketahui 5 Tugas Pakar Search Engine Marketing

  1. Melakukan Analisis dan Statistik Data

Seorang pengusaha sudah terbiasa menganalisis dan merencanakan bisnis yang hendak mereka lakukan untuk melihat benefit-nya. Kondisi serupa juga terjadi pada pakar SEM yang memiliki kewajiban untuk menganalisa dan mengolah data yang mereka peroleh.

Analisis dan statistic data tersebut membantu mereka menentukan perangkat lunak terefektif guna pelaksanaan kampanye SEM.  Ketika perangkatnya kurang maksimal maka pakar SEM bisa dengan mudah dan cepat mengubahnya dengan software yang lebih baik dan baru.

  1. Membuat Konten

Content writer mungkin berperan aktif sebagai penghasil konten perusahaan digital agency tapi pakar SEM juga wajib memiliki keterampilan yang sama. Mengapa? Karena tidak sedikit digital agensi yang lebih menyukai karyawan multitasking yang mampu melakukan berbagai pekerjaan dengan rapi.

Pakar SEM  nantinya akan membantu perusahaan dalam menulis salinan iklan atau pembuatan konten apabila content writer sibuk menggarap proyek lainnya. Sayangnya, masih sedikit pakar SEM yang menguasai pembuatan konten. Maka, tertarikkah Anda untuk menjadi salah satunya?

  1. Penelitian SEO

SEM dan SEO mungkin memiliki pendekatan yang berbeda tapi keduanya masih satu kesatuan. Kampanye SEM yang Anda lakukan tidak ideal ketika pengemasan konten kurang maksimal. Dan sudah menjadi rahasia umum jika penguasaan SEO sangat penting dan mendesak dalam pemasaran online.

Mereka yang menguasai dan mampu meneliti SEO dengan baik akan lebih mudah mengampanyekan iklan sesuai kebutuhan. Penelitian SEO juga memungkinkan Anda memasukkan nama website ke halaman pertama mesin pencarian sehingga audience mudah menemukannya.

  1. Komunikasi Melalui Email

Alih-alih menghubungi nomor kantor perusahaan digital marketing mayoritas klien lebih senang berkomunikasi via email. Dalam satu hari, ada banyak sekali email-email yang harus Anda jawab dengan baik, cermat dan komunikatif.

Komunikasi yang baik via email akan memberikan dampak negatif atau positif terhadap keputusan klien. Klien yang menerima respons positif kemungkinan besar memilih agensi Anda untuk melaksanakan kampanye SEM.

  1. Menyiapkan Kampanye Iklan

Apakah Anda bermaksud berkarier dalam bidang periklanan? Jika ya, jadilah pakar SEM baik yang mampu menonjolkan dan mendistribusikan iklan klien dengan maksimal ke audience. Klien yang puas dengan kampanye iklan Anda kemungkinan besar akan kembali lagi menggunakan jasa yang sama.

Pakar SEM profesional membutuhkan waktu lebih sedikit untuk menyelesaikan kampanye iklan klien daripada amatir. Oleh karena itu, asah selalu pengetahuan dan keterampilan Anda. Kembangkan juga seluruh potensi yang Anda miliki sehingga mampu memberikan lebih banyak manfaat selaku pakar Search Engine Marketing.

Oleh: gogo.co.id

WhatsApp WhatsApp us