Blog

Jenis Internet Marketing yang Dapat Diterapkan Pada Bisnis

Jenis internet marketing untuk iklan pemasaran suatu produk memiliki banyak jenisnya yang dapat diterapkan sesuai dengan bisnisnya. Internet marketing merupakan strategi yang digunakan untuk memasarkan produk menggunakan internet dengan tujuan tertentu.

Beberapa jenis-jenis internet marketing

  1. Email marketing

Menggunakan email sebagai media untuk memasarkan suatu produk melalui pesan surat dapat menjadi pilihan. Jenis internet marketing untuk pemasaran ini dapat melibatkan langsung pemasaran pesan melalui surat elektronik. Pemilik bisnis dapat langsung memasarkan produknya menggunakan pengiriman pesan yang langsung ditujukan ke email konsumennya.

2. Social media marketing

Pemasaran jenis ini melakukan memanfaatkan lalu lintas dalam website media sosial yang banyak digunakan dan populer. Hal ini dapat disebut dengan proses pemasaran melalui internet yang memanfaatkan lalu lintas pada website media sosial. Seperti contoh dapat diterapkan pada media sosial Instagram, path, facebook, line, twitter, atau media sosial yang lain.

3. SEO atau search engine optimization

SEO yaitu proses dalam meningkatkan visibilitas halaman atau situs website pada mesin pencari. Bentuk pemasaran dalam SEO adalah sebuah proses yang memiliki tujuan untuk meningkatkan visibilitas website.

Meningkatnya visibilitas pada website suatu bisnis dapat membantu website berada pada urutan paling atas di mesin pencari. Hal itu dapat memudahkan audiens untuk menjangkau atau mengakses website tersebut. SEO dapat dilakukan pada saat penggunaan kata kunci, konten website, dan memilih nama domain.

4. SEM atau Search Engine Marketing

Pemasaran bentuk ini merupakan cara promosi website melalui peningkatan visibilitas pada mesin pencarian. Strategi pemasaran SEM dapat mengupayakan untuk promosikan website perusahaan melalui peningkatan kunjungan audiens di mesin pencari.

Mesin pencari atau biasa disebut dengan SERPs yaitu Yahoo, Bing, Google, dan lainnya. Dengan beradanya website Anda di halaman hasil mesin pencari membuat website mudah dilihat oleh audiens.

5. Tampilan iklan

Iklan akan ditampilkan di situs website milik pihak ketiga atau dapat juga pada blog sebagai pengarah lalu lintas ke website perusahaan. Melakukan pemasangan iklan tersebut dapat memberi penguatan pada produksi suatu perusahaan.

Menampilkan iklan pada website pihak ketiga atau blog yang kemudian akan diarahkan masuk kedalam situs website perusahaan bersangkutan. Hal itu dapat meningkatkan produktivitas suatu perusahaan melalui pemasangan iklan.

6. Affiliate marketing

Jenis internet marketing untuk bisnis salah satunya adalah melalui affiliate marketing. Affiliate marketing dilakukan dengan cara memberi keuntungan kepada affiliasi untuk setiap pelanggan yang didapatkan.

Pemasaran jenis ini adalah sebuah pemasaran yang memanfaatkan sistem kerja sama melalui memberi komisi kepada afiliasi. Tugas utama dari afiliasi yaitu mempromosikan dan memasarkan produk perusahaan yang sudah disepakati untuk mendapatkan pelanggan. Besar persentase komisi pada umumnya berkisar antara 30 persen sampai 80 persen dari harga produk.

Internet marketing dapat digunakan oleh semua pihak sebagai media pemasaran. Jenis internet marketing seperti affiliate marketing, email marketing, SEM, SEO dan lainnya yang dapat diterapkan untuk strategi pemasaran suatu bisnis atau perusahaan.

WhatsApp WhatsApp us