Blog

Inilah 5 Masalah Search Engine Optimization dan Solusi Mengatasinya

Penerapan Search Engine Optimization terhadap promosi jasa atau produk digital sangatlah besar. Audience yang sejak awal menggunakan blog atau website resmi perusahaan sebagai tolak ukur penilaian produk pun terbantu karenanya. Masalahnya, walau populer masih banyak saja perusahaan yang melakukan kesalahan ketika menerapkan SEO.

Inilah 5 Masalah Search Engine Optimization dan Solusi Mengatasinya

  1. Tidak Tersedianya Peta Situs XML

Tugas utama dari peta situs XML adalah mempermudah bot pencarian Google guna memahami dengan baik tujuan keberadaan situs Anda. Lantas, bagaimana jika peta situs XML yang harusnya ada justru tidak terlihat dan bisa Anda temukan?

Tanpa peta situs XML, bot pencarian tidak dapat mengenali situs dengan mudah sehingga kemungkinan masuk ke jajaran halaman utama tidak terlaksana. Solusi terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengembangkannya sendiri atau meminta bantuan dari pakarnya.

  1. Tidak Memakai HTTPS

Mengamankan situs dari tangan-tangan orang jahil adalah suatu keharusan. Coba bayangkan jika situs perusahaan yang sudah Anda kembangkan bersama jasa digital agency sebelumnya menjadi berantakan?

Guna mengatasi kondisi tersebut, gunakanlah HTTPS. Bagaimana jika situs Anda tidak memakai HTTPS? Keamanan situs berkurang dan resiko pencemaran nama baik oleh orang jahat mengalami peningkatan. Cukup konversi website Anda menjadi HTTPS. Jangan lupa untuk mempelajari apa itu HTTPS dari internet atau pakar yang lebih ahli.

  1. Lambat Saat Mengakses Halaman

Cepat lambatnya waktu yang audience butuhkan untuk mengakses suatu website juga menjadi indikator penilaian mereka terhadap keberhasilan pembuatan situs. Makin cepat akses situs makin baik juga hasilnya. Meski banyak situs serupa yang menyerupai website Anda, audience tidak akan tertarik untuk melihatnya.

Mengapa? Karena kecepatan akses yang halaman website Anda berikan memudahkan mereka melihat informasi terbaru. Sudah menjadi rahasia umum jika setiap orang tidak suka menunggu terutama jika mereka membutuhkan informasinya dalam waktu singkat.

  1. Terdapatnya Konten Duplikat

Keberadaan konten duplikat sering kali menjadi tugas utama pakar SEO dan Search Engine Marketing, mengapa? Karena konten duplikat sangat mungkin membingungkan mesin pencarian untuk menilai kualitas konten Anda.

Bila hal ini tidak ingin menimpa website Anda segera atasi kendalanya dengan menerapkan tag dan konfigurasi yang tepat. Anda yang masih belum mengatasi problema ini bisa meminta support dari tenaga profesional. Mereka akan membantu Anda menyelesaikan masalah dengan cepat dan efektif.

  1. Broken Link

Sudah lelah membuka internal link yang terdapat pada website Anda tapi justru link tersebut rusak. Kondisi ini sering kali terjadi pada beberapa website yang tentunya sangat merugikan audience. Tidak hanya membuat mereka melakukan pekerjaan sia-sia, broken link juga menghabiskan kuota. Solusi mengatasinya adalah memperbaiki link yang rusak dengan alamat yang baru.

Sebenarnya, masih banyak sekali problem SEO yang kerapkali pengelola website keluhkan termasuk Alt tag hilang atau situs tidak terindeks. Segera lakukan perbaikan ketika Anda menemui satu atau beberapa masalah pada penerapan Search Engine Optimization dengan mengikuti protokol yang tepat.

Oleh: gogo.co.id

WhatsApp WhatsApp us