Blog

Ingin Kerja Di Digital Agency Pahami Dulu Jenis Departemen Kerjanya

Bekerja pada digital agency belakangan ini menjadi hal yang menarik bagi anak muda Indonesia. Alasan utamanya karena perkembangan teknologi dan digitalisasi yang semakin mendunia membuat perusahaan lebih memilih kampanye secara online. Selain itu, customer juga lebih tertarik melihat iklan daring yang ada pada blog atau sosial media.

Ingin Kerja Di Digital Agency Pahami Dulu Jenis Departemen Kerjanya

Sama seperti perusahaan lainnya, digital agensi juga memiliki banyak departemen kerja yang membutuhkan SDM. Lalu, apa saja jenis pekerjaan dan departemennya?

  1. Departemen Keuangan

Digital agensi merupakan biro atau jasa yang mengkhususkan diri menawarkan promosi digital untuk mengenalkan brand atau produk dari perusahaan lainnya. Meskipun kewajiban utama perusahaan adalah membuat kampanye atau iklan milik perusahaan tertentu, digital agensi juga memiliki divisi keuangannya tersendiri.

Keberadaan departemen keuangan mereka butuhkan guna mengatur dan mengelola keuangan perusahaan. Departemen keuangan bertugas menghitung berapa besar pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya. Ingin menjadi staf keuangan dari agensi pemasaran? Pastikan Anda telah menguasai ilmu keuangan dengan baik dan tepat.

  1. Departemen Kreatif

Digital marketing tidak hanya mengandalkan teknologi tapi juga kreativitas dari tenaga kerjanya. Itulah mengapa departemen kreatif sangat penting bahkan menjadi yang paling dibutuhkan. Tugas utama dari staf kreatif adalah membuat iklan atau kampanye produk/brand dari klien.

Kampanye iklan yang staf kreatif buat berdasarkan pada kebutuhan klien. Bisa jadi iklan yang mereka buat untuk content marketing berbeda dari sosial media marketing. Tidak heran  jika seorang staf kreatif memiliki lebih dari satu keahlian dan keterampilan pada bidang pemasaran online.

  1. Tim IT

Menjadi lulusan IT membuka lebar kesempatan Anda menyalurkan kemampuan ke berbagai perusahaan termasuk digital agensi. Kebutuhan tim IT pada perusahaan ini sangat penting mengingat seluruh bidang pekerjaan berhubungan dengan teknologi dan digitalisasi.

Menariknya lagi, ada banyak teori teknologi yang bisa Anda pelajari ketika memilih pemasaran digital sebagai tempat kerja. Pertama, Anda bisa belajar tentang cara membuat website dan kemudian mempelajari bidang teknologi lainnya yang lebih tinggi serta penuh tantangan.

  1. Departemen Akun

Tugas utama mereka adalah menghubungkan perusahaan dengan para klien. Seseorang yang bekerja pada departemen ini wajib cakap dalam berkomunikasi. Selain itu, staf juga berkewajiban untuk dapat memecahkan masalah dengan solusi terbaik.

Anda yang sejak lama menginginkan pekerjaan menantang yang dapat menghubungkan dengan banyak orang bisa apply lamaran pekerjaan pada departemen ini. Pilih perusahaan jasa digital agensi yang terkenal populer dan profesional.

Setiap orang memiliki keahlian, keterampilan dan bakat yang terpendam. Anda yang melihat sosial media marketing atau email marketing sebagai media iklan terbaik mungkin berharap dapat menjadi karyawan digital agensi. Jika ya, mana departemen digital agency yang telah kami sebutkan sebelumnya bisa menjadi tempat kerja Anda?

Oleh: gogo.co.id

WhatsApp WhatsApp us