Blog

Daftar Jenis Iklan Digital yang Efektif Meningkatkan Brand Awareness

Ada berbagai macam jenis iklan digital yang biasanya dibuat untuk memaksimalkan penjualan produk. Bagi mereka yang bekerja di bidang digital advertising ataupun pengusaha tentunya harus mengetahui hal ini dengan baik. Sehingga iklan-iklan yang dibuat bisa menyasar target secara tepat sasaran.

Daftar Jenis Iklan Digital yang Efektif Meningkatkan Brand Awareness

  1. Iklan di sosial media

Daftar iklan digital yang paling populer digunakan ialah beriklan lewat sosial media. Social Media Ads dinilai efektif mengingat banyaknya para pengguna aktif yang tersebar di dunia.

Per Januari 2022 saja, pengguna sosmed di Indonesia bahkan telah mencapai hingga 191.4juta orang. Tentunya jumlah yang sangat besar sehingga memang pas digunakan untuk mengiklankan produk.

  1. Iklan dengan gambar display

Display Ads biasanya muncul pada situs-situs dengan jumlah pengunjung yang tinggi. Iklan tersebut berupa gambar-gambar menarik yang membuat orang berminat untuk mengklik link tautannya.

Tentunya iklan yang muncul biasanya disesuaikan dengan jenis konten dalam situs tersebut. Apabila pengguna tidak ingin melihat iklan tersebut, maka cukup menekan tombol close yang tersedia.

  1. Iklan di mesin pencarian

Search Ads merupakan iklan yang pertama kali akan muncul ketika seseorang melakukan pencarian pertama kali melalui search engine. Meski begitu iklan ini berkemungkinan juga untuk muncul pada pencarian di bawah.

Performa iklan ini sangat tergantung pada keahlian kreator dalam membuat situs yang SEO. Dengan begitu mereka harus memahami dasar-dasar kinerja dari mesin pencari agar iklannya selalu bisa muncul di urutan pertama.

  1. Iklan yang ditargetkan berulang

Retargeting Ads merupakan sebutan untuk iklan-iklan yang ditarget secara berulang-ulang. Iklan ini biasa muncul di lain waktu pasca seseorang selesai mengunjungi sebuah situs.

Hal tersebut lantaran secara otomatis algoritma mencatat apa saja yang kerap dikunjungi pengguna. Dengan begitu mesin dapat membantu menayangkan kembali kesukaan users. Jadi jangan heran jika setelah berkunjung ke satu toko di ecommerce, bisa saja setelahnya iklan terkait muncul kembali di beranda.

  1. Iklan berupa email

Selain iklan-iklan yang berupa hiburan menarik, jasa marketing digital juga bisa membuatkan iklan dalam bentuk surat elektronik. Jenis ini disebut Email Ads yang akan mengirimkan pesan ajakan atau informasi sebuah produk barang atau jasa.

Namun penggunaan iklan ini harus pintar-pintar dalam menyasar target ataupun menentukan kalimat subyek. Pasalnya banyak orang yang cenderung malas membuka email yang tidak dikenal karena dicurigai sebagai spam.

Membuat iklan digital memang banyak jenisnya. Oleh sebab itu untuk pengusaha yang hendak beriklan, cari tahu terlebih dahulu mengenai kebiasaan pelanggan. Dengan begitu kitab isa memilih jenis yang paling cocok sebagai bagian dari efisiensi pendanaan iklan. Jika kesulitan, maka gunakanlah jasa konsultan ahli di bidang advertising.

WhatsApp chat