Blog

Cita-Cita Menjadi Manajer Sosial Media Marketing Miliklah 5 Keahlian Ini

Banyak yang ingin menjadi manajer sosial media marketing karena benefit dan gaji tinggi yang perusahaan iming-imingi. Faktanya, bekerja sebagai manajer bukan berarti santai dan mudah. Seorang manajer justru memiliki lebih banyak tanggung jawab karena membawahi banyak personil termasuk supervisor dan karyawan biasa.

Cita-Cita Menjadi Manajer Sosial Media Marketing Miliklah 5 Keahlian Ini

  1. Komunikatif

Bagi perusahaan, mereka yang bekerja sebagai tenaga marketing wajib menguasai materi dan terampil berbicara. Apabila marketing biasa yang memasarkan produk saja harus pandai bicara, bagaimana dengan posisi manajer sosial media pemasaran?

Seorang manajer tidak hanya memimpin divisinya tapi juga bertanggung jawab menjalin relasi yang baik entah dengan atasan maupun klien perusahaan. Bayangkan jika petinggi perusahaan meminta Anda meeting dengan klien kelas kakap sementara Anda tidak pandai berkomunikasi? Bisa jadi proyek yang harusnya goal justru hilang dan lepas ke kompetitor.

  1. Kreatif

Mereka yang bekerja pada bidang digital marketing tanpa terkecuali harus memiliki otak yang unik sehingga mampu menciptakan ide-ide kreatif. Tanpa ide unik dan baru, kompetisi antar perusahaan menjadi tidak sehat karena semua perusahaan mengaplikasikan satu strategi.

Selain mampu berpikir secara instan seorang manajer sosial media pemasaran juga harus berpikir kreatif. Banyaknya tekanan yang perusahaan berikan bukanlah alasan manajer kesulitan untuk menemukan ide baru untuk memasarkan produk atau jasa. Makin banyak usaha dan pekerjaan yang tim marketing lakukan akan semakin baik untuk profit perusahaan.

  1. Berpikir Strategis

Mereka yang menduduki bangku manajer pada suatu perusahaan besar sudah mengalami asam garam pekerjaan. Tidak hanya berpikir kreatif dan visioner, manajer juga terbiasa berpikir secara strategis selayaknya pengatur perang dalam sebuah kerajaan. Berpikir strategis membantu mereka mempersiapkan semuanya dengan baik dari A-Z. Tidak hanya mempelajari karakteristik masalah tapi juga menyiapkan solusi serta planning B.

  1. Keterampilan Analitik

Menjadi manajer sosial media pemasaran yang baik tidak cukup dengan hanya membaca tips media sosial. Setelah menguasai ketiga keterampilan sebelumnya usahakan kuasai juga keterampilan analitik. Menganalisis data ketika melakukan perencanaan pemasaran merupakan tindakan cermat.

Tidak hanya menjauhkan perusahaan dari kerugian yang sangat besar. Analisis data juga membantu Anda melihat peluang meski sekecil apa pun. Asah terus keterampilan analitik Anda dengan banyak membaca materi mengenai pemasaran digital.

  1. Mampu Mengoperasikan Peralatan Digital

Dan keahlian terakhir yang sepatutnya Anda miliki ketika bermimpi mengejar karir hingga manajer sosial media pemasaran adalah penguasaan peralatan digital. Makin banyak peralatan yang Anda kuasai makin baik karena artinya perusahaan bisa selangkah lebih maju dari sebelumnya.

Untuk menguasai peralatan digital artinya manajer sosial media pemasaran harus selalu update teknologi. Bukan hanya mengenal dasar-dasar peralatan digital tapi juga mampu menjalankannya dengan sempurna.

Apa pendapat Anda tentang profesi ini setelah menyimak informasi yang kami berikan? Profesi manajer sosial media marketing bisa jadi menjanjikan tapi juga harus imbang dengan keterampilan dan keahlian yang dimiliki.

Oleh: gogo.co.id

WhatsApp WhatsApp us