Blog

Cara Menulis Meta Description Dalam Search Engine Optimization

Saat menulis artikel Search Engine Optimization terkadang kita diminta untuk menuliskan meta description di bagian akhir tulisan yang menjadi pelengkap artikel tersebut. Meski demikian, sudahkah Anda memahami apa itu meta description? Dan menuliskannya dengan baik dan benar?

Apa itu meta description?

Dalam membuat artikel ada beberapa bagian yang perlu dibentuk yang secara keseluruhan kita kenal sebagai kerangka artikel. Diawali dengan paragraf pertama, isi dan paragraf penutup.

Kerangka artikel itu biasanya digunakan saat kita diminta untuk menulis tugas artikel. Berbanding terbalik jika artikel yang dibuat digunakan untuk mempromosikan produk atau mengisi website yang kosong. Artikel harus dibuat dengan menyisipkan beberapa elemen salah satunya meta deskripsi.

Meta deskripsi merupakan deskripsi dengan jumlah karakter tidak lebih dari 160 yang menjelaskan keseluruhan isi dari artikel. Membuat meta deskripsi bisa dikatakan jauh lebih sulit dibandingkan membuat artikel karena bobotnya jauh lebih besar.

Cara menulis meta description dalam search engine optimization

Agar tidak melakukan kesulitan saat membuat meta deskripsi, perhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Cari tahu inti artikel yang anda buat

Meta deskripsi mungkin identik untuk situs belanja, tapi bukan berarti situs yang berisi berbagai informasi tidak membuat meta deskripsi untuk artikel mereka. Yang perlu Anda lakukan cukup fokus pada artikel yang Anda tulis, apa inti dari tulisan yang Anda buat? Apa informasi yang coba Anda utarakan?

Jika memang untuk promosi, maka buat meta deskripsi yang secara tidak langsung mengarahkan pembaca untuk membeli produk. Sementara untuk artikel informasi, Anda bisa membuat meta deskripsi yang mengarahkan pembaca untuk tertarik membaca informasinya sampai habis. Bukan sekedar membaca judul saja dan tugas selesai.

2. Pilih kata-kata yang menarik orang lain membaca

Sebelum melakukan upaya promosi dengan memanfaatkan fitur Search Engine Marketing, penting sekali bagi Anda untuk mengembangkan meta deskripsi yang menarik. Karena hanya berisi 160 karakter, setiap katanya harus dipilih dengan bijak dan penuh makna.

Jika memungkinkan gunakan kata sekreatif dan seunik mungkin sehingga tidak bisa disamai oleh penulis lainnya. Semakin kreatif Anda menulis meta deskripsi, semakin besar pula potensi situs tersebut untuk dilihat oleh orang lain.

3. Cobalah menjadi seorang konsumen

Jasa digital agency bisa memecahkan masalah meta deskripsi ini dengan sangat mudah karena mereka sudah berpengalaman melakukannya. Berbeda dengan Anda yang masih dalam tahap belajar.

Agar selangkah lebih maju dari amatiran, cobalah lakukan trik ini yakni berusaha berpikir sebagai konsumen. Jika Anda adalah seorang konsumen, apa yang ingin Anda dengar dari seorang penjual?

Itulah beberapa masukan tentang meta deskripsi yang sering kali disepelekan. Padahal dalam dunia Search Engine Optimization, meta deskripsi tidak bisa dipisahkan sama sekali dan akan selalu digunakan jika Anda ingin mengembangkan potensi bisnis ke arah yang lebih baik. 

Oleh: gogo.co.id

WhatsApp WhatsApp us