Blog

Cara Menggunakan Ubersuggest yang Benar Untuk Riset KW

Cara menggunakan Ubersuggest yang benar untuk melakukan riset keyword dalam SEO di sebuah konten marketing. Ubersuggest merupakan tool yang membantu Anda dalam menemukan keyword yang relevan. Diperlukan langkah yang benar menggunakan Ubersuggest.

Cara menggunakan Ubersuggest untuk riset

  1. Melakukan riset kata kunci

Cukup mengunjungi halaman ubersuggest untuk melakukan cara menggunakan Ubersuggest untuk kata kunci. Pertama Anda dapat melakukan pencarian keyword tanpa harus login terlebih dulu yang diberi kesempatan 3 pencarian.

Jangan lupa untuk memastikan negara sudah sesuai. Selanjutnya akan menampilkan hasil ke menu keyword overview.

Hasil tersebut berisi informasi search volume atau jumlah pencarian keyword lalu SEO difficulty atau tingkat persaingan keyword. Kemudian paid difficulty dan cost per click untuk informasi iklan.

2. Mendapatkan ide keyword

Selain itu juga dapat mendapatkan ide keyword sejenisnya dengan cara memilih keyword ideas pada menu keyword analyzer. Kemudian lihat pada menu suggestions yang akan berisikan saran ide keyword sejenis. Semua hal yang berhubungan dengan SEO keyword.

3. Melakukan pengecekan traffic

Adanya fitur competitive analysis untuk melakukan pengecekan traffic pada website pribadi dan kompetitor. Yaitu dengan pilih competitive analyse di dashboard lalu klik traffic overview.

Selanjutnya isi alamat website dan akan memunculkan hasil dengan beberapa deskripsi. Organic keyword yaitu jumlah keyword yang dipakai di semua website, lalu organic monthly traffic yaitu kiraan jumlah traffic organik dari domain per bulan.

Backlinks yaitu jumlah website yang tertaut di domain tersebut dan domain authority yaitu peringkat domain sesuai otoritas di mesin pencari. Fitur ini juga dapat digunakan sebagai informasi untuk SEO keyword dan top SEO pages.

4. Melakukan audit

Audit memiliki fungsi untuk mengetahui strategi dan performa SEO sudah sesuai atau belum. Caranya dengan memilih SEO explorer lalu SEO analyzer lalu akan menghasilkan hasil beberapa informasi.

Informasi berisi recommendation yaitu rekomendasi informasi optimasi, lalu warning yaitu jumlah eror yang dapat dijadwalkan diperbaiki. Critical errors yaitu jumlah eror yang penting dan harus segera diperbaiki, lalu jumlah backlink, dan nilai SEO keseluruhan.

5. Memanfaatkan ekstensi chrome

Ubersuggest selain untuk versi website juga dapat melakukan mengecek keyword dengan install ekstensi Chrome. Dengan cara ke pengaturan Chrome kemudian pilih more tools lalu extensions. Jika sudah terinstal ketika melakukan pencarian keyword akan muncul informasi juga hasil dari Ubersuggest.

6. Membuat project riset keyword

Kemudian cara menggunakan Ubersuggest untuk keyword adalah membuat project riset keyword. Anda disarankan untuk login terlebih dahulu sehingga dapat membuat project konten agar mengetahui riset keyword lebih detail.

Pertama pilih new project atau add your first project kemudian isi nama dan project, selanjutnya isi bahasa dan lokasi yang sesuai.  Isi keyword yang dimaksud untuk project tersebut lalu isi juga alamat domain kompetitor untuk memantau informasi tracking.

Selanjutnya pilih preferensi fitur di bagian tracking preferences, lalu atur pilihan opsi biweekly coaching calls dan personalized SEO help. Klik no jika tidak memerlukan lalu next. Kemudian akan muncul hasilnya yang merupakan gambaran performa tiap keyword.

Ubersuggest merupakan tools yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan riset kata kunci atau keyword. Cara menggunakan ubersuggest yang benar seperti riset keyword, mengecek trafik, mengaudit website, dan lainnya. Hal tersebut harus diperhatikan dalam memaksimalkan keyword. 

WhatsApp WhatsApp us