Blog

Beda Search Engine Marketing vs Search Engine Optimization

Saking miripnya, masih banyak orang yang masih mengalami kesulitan membedakan search engine marketing dengan search engine optimization. Nyatanya, baik SEM atau SEO memang memiliki hubungan yang erat tapi juga terdiri dari sejumlah unsur dan fungsi yang berbeda.

Perbedaan Search Engine Marketing vs Search Engine Optimization

  1. Definisi

SEO merupakan teknik periklanan yang dilakukan banyak orang guna memperkuat SERP suatu website pada mesin pencarian. Salah satu kriteria utama SEO adalah penggunaan atau pemanfaatan kata kunci, baik itu kata kunci utama atau kata kunci pendukung.

Sementara SEM merupakan teknik periklanan yang diterapkan untuk mengubah posisi website hingga menjadi nomor satu di mesin pencarian. Melalui SEM yang optimal, posisi website yang semula di paling bawah bisa terus meningkat secara signifikan.

2. Media

Jasa digital agency tidak membutuhkan media istimewa untuk dapat menjalankan SEO dengan baik dan lancar. Sementara aplikasi SEM justru harus memakai media khusus. Itulah mengapa, mayoritas ahli pemasaran digital lebih menyukai optimasi SEO daripada SEM.

Namun bila Anda lebih tertarik menggunakan SEM, silahkan pilih layanan pemasaran digital yang ahli dan terampil dalam bidang ini. Sehingga hasil akhirnya maksimal tidak hanya bagus di permukaannya saja.

3. Tujuan

Sudah tahukah Anda apa itu tujuan SEM dan SEO? Tujuan utama SEM adalah mengusahakan website Anda terbaca atau terdeteksi pada halaman pertama Google. Meski memiliki tujuan yang hampir sama, sayangnya optimasi SEO tidak selamanya membuat website Anda berada di halaman pertama.

SEO menargetkan posisi strategis pada mesin pencarian di mana saat audience mengetikan kata kunci, website Anda yang akan muncul. Namun, bukan berarti posisi website Anda akan berada pada urutan teratas Google.

4. Objek Iklan

SEO sama dengan konten digital marketing, hampir semua informasi yang terdapat pada teknik iklan ini mengandalkan tulisan yang menarik. Sedangkan, SEM lebih condong pada penawaran produk.

Objek iklan SEM memungkinkan perusahaan Anda mendapatkan banyak profit dari penjualan produk sementara SEO membantu perusahaan dan produk lebih dikenal. Meski tidak mustahil juga optimasi SEO melahirkan pembelian produk baik via sosial media maupun website. 

5. Biaya

Perbedaan terakhir juga terletak pada biaya penggunaan jasanya. Mereka yang menggunakan SEO tanpa bantuan pemasaran digital tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Sebaliknya, guna mengaktifkan SEM dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Mengapa? Dilihat dari tujuan dan fungsinya, SEM memang jauh lebih baik dan efisien daripada SEO. SEO membutuhkan lebih banyak waktu guna membantu website Anda dikenal oleh mesin pencarian.

Perusahaan yang memiliki cukup modal untuk menggunakan salah satunya, kami anjurkan memanfaatkan SEM. Apalagi jika membutuhkan promosi instan pada produk atau brand baru.

Supaya aplikasi SEM atau SEO berhasil dan maksimal, mintalah bantuan dari tenaga profesional. Di Indonesia, menemukan tenaga digital profesional sangat gampang Anda bahkan bisa mencarinya melalui internet. Pastikan jasa pemasaran digital tersebut memiliki pengalaman baik dengan search engine marketing.

Oleh: gogo.co.id

WhatsApp WhatsApp us