Blog

Apakah Search Engine Marketing Penyebab Trafik Website Turun?

Kebutuhan search engine marketing tidak bisa dipisahkan dari aktivitas digital terutama yang berkaitan dengan visibilitas website. Pebisnis yang mengaktifkan dan mengoptimalkan SEM memiliki kesempatan lebih besar untuk menggaet konsumen daripada yang tidak melakukannya.

Mengenal search engine marketing

Apa itu SEM? Berbanding terbalik dengan SEO yang mengutamakan kata kunci pada konten untuk menambah visibilitas website. SEM justru melakukan berbagai kegiatan mencakup SEO itu sendiri. Tujuannya tentu saja untuk menjadikan website Anda sebagai nomor satu terutama di mesin pencarian.

Lantas, apa saja kelebihan SEM sehingga pebisnis digital wajib menggunakannya? Pertama, SEM memberikan hasil lebih tangkas dan efektif dibandingkan SEO yang memerlukan banyak waktu. SEM juga membantu pebisnis menentukan target marketing dengan baik.

Apakah SEM menjadi penyebab trafik website menurun?

Menjadi yang utama pada mesin pencarian bukan hal gampang terutama mempertahankannya. Selain SEM yang tidak diaplikasikan dengan benar, faktanya banyak sekali penyebab lain visibilitas website menurun seperti:

1. Mengubah Domain

Ketika bermitra dengan digital agency, sudahkah Anda memiliki nama domain website? Lantas, apa Anda berminat untuk mengubah nama domain tersebut dengan satu atau beberapa alasan?

Mengganti nama domain sebenarnya bukan keputusan bijaksana apalagi jika bisnis Anda telah diterima publik dan memiliki banyak pelanggan. Agar terhindar dari kondisi tersebut, pilih nama domain sebaik dan seteliti mungkin sehingga Anda tidak perlu mengubahnya di kemudian hari.

2. Perubahan Algoritma Google

Bukan hanya nama domain saja, perubahan pada algoritma Google juga berpengaruh terhadap penurunan dan peningkatan trafik website. Jika Anda memikirkannya dengan baik, kondisi tersebut tidak bisa dihindari mengingat Google adalah mesin pencarian terpopuler di Indonesia.

Langkah paling bijaksana yang bisa Anda lakukan adalah bekerja sama dengan jasa digital marketing. Ahli pemasaran marketing akan membantu Anda mengatasi berbagai masalah terutama yang berkaitan dengan visibilitas website.

3. Mengganti Desain Template

Visual sering kali menjadi alasan utama konsumen memilih satu aplikasi belanja dari aplikasi lainnya. Pada website atau blog, desain template eye cathing dan menarik yang lebih disukai. Perubahan desain template bisa memberikan dampak positif atau kebalikannya terhadap tingkah laku pembeli.

Ketika pembeli tidak menyukai perubahan tersebut, kemungkinan besar mereka akan memilih logout dan beralih pada website lainnya. Sebelum Anda mengganti desain template, perhatikan terlebih dahulu kebutuhan dan selera konsumen.

4. Eror Pada Plugin Atau Tools

Penurunan traffic website yang signifikan juga bisa disebabkan karena plugin atau tools yang bermasalah. Pemeriksaan dan maintenance berkala sangat dibutuhkan untuk menjaga kesesuaian dan performanya.

Dari keempat penyebab di atas, mana yang pernah terjadi pada website bisnis Anda? Ketika semua penyebab sudah pernah Anda alami, solusi terbaik adalah memanfaatkan ahli pemasaran digital. Serahkan semuanya pada digital agency terbaik tidak terkecuali pemasangan atau aplikasi search engine marketing.

Oleh: gogo.co.id

WhatsApp WhatsApp us