Blog

Apa Saja Persamaan SEO Dan SEM untuk Iklan Marketing?

SEO dan SEM memang sangat berbeda, akan tetapi persamaan SEO dan SEM dapat ditemukan untuk iklan. Beberapa orang tidak dapat mengetahui mengenai persamaan keduanya. SEO dan SEM meskipun berbeda juga memiliki persamaan yang dapat dimanfaatkan.

Beberapa persamaan SEO dan SEM untuk iklan

  1. Bertujuan meningkatkan trafik

Trafik pada suatu website sangatlah penting, dikarenakan trafik dapat membantu konten website naik ke urutan teratas halaman hasil pencarian. Persamaan SEO dan SEM untuk marketing adalah sama-sama memiliki tujuan meningkatkan trafik.

Hal tersebut karena pada saat melakukan iklan menggunakan SEM trafik akan mengalami peningkatan dengan beradanya konten di urutan halaman awal. Sedangkan untuk SEO juga meningkatkan trafik melalui domain, kata kunci, dan lainnya.

2. Membantu website muncul di hasil pencarian

SEO dan SEM sama-sama memiliki tujuan yaitu membantu website dapat muncul di hasil pencarian terlebih pada halaman awal. Hal itu dikarenakan keduanya berfokus pada dimana posisi konten ditampilkan untuk menjangkau audiens yang lebih banyak lagi.

Pada SEO website akan muncul di halaman awal sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh pemasang iklan. Sedangkan pada SEO juga memaksimalkan untuk dapat berada di halaman awal seiring berjalannya waktu.

3. Memerlukan riset keyword yang populer

Persamaan selanjutnya yaitu sama-sama memerlukan riset keyword untuk langkah awal dalam menentukan penerapan SEO dan SEM. Hal tersebut membantu pengguna untuk mengetahui keyword mana yang sesuai dan terbaik untuk konten marketing.

Selain itu, dapat mengetahui website competitor yang sedang menargetkan keyword yang sama atau sejenis. Sehingga dapat menjadi keuntungan untuk dapat melakukan perencanaan yang strategis agar dapat bersaing.

4. Membutuhkan pemahaman audiens agar sukses

Pada SEO dan SEM perlu dibutuhkan pemahaman dari audiens untuk dapat mencapai keinginan marketing yang dituju. Hal itu dapat dilakukan dengan menciptakan buyer personal dan mengenal target pasar yang dituju untuk mengerti audiens.

Dengan mengetahui apa yang audiens butuhkan atau apa yang audiens sedang ingin dicari. Dapat membuat konten marketing yang sesuai dan relevan dengan apa yang dibutuhkan untuk solusi setiap audiens.

5. Membutuhkan pengoptimalan dan pengujian

Apa pun yang digunakan maupun SEO atau SEM sama-sama harus melakukan pengoptimalan dan pengujian terlebih dahulu. Hal itu tidak dapat dilakukan hanya dengan sekali percobaan, tetapi membutuhkan beberapa kali dalam uji coba untuk hasil maksimal.

Pengujian dan pengoptimalan dilakukan sebagai tujuan meningkatkan kinerja dari SEO maupun SEM yang akan digunakan untuk marketing. Dengan seperti itu dapat diketahui apakah sudah sesuai hasilnya dengan apa yang sudah direncanakan.

6. Meningkatkan visibilitas di halaman pencarian

Persamaan SEO dan SEM untuk pemasaran selanjutnya yaitu untuk meningkatkan visibilitas. visibilitas suatu konten harus ditingkatkan untuk dapat menaikkan atau menampilkan konten di halaman awal posisi teratas.

Pada SEO dan SEM memiliki tujuan yang sama yang dapat mengarah pada trafik website. Dengan begitu dapat menarik perhatian audiens dan menarik pelanggan baru.

Persamaan SEO dan SEM cukup banyak sehingga saat Anda ingin menggunakan keduanya dapat menjadi pengoptimalan sebuah website. Beberapa kesamaan SEO dan SEM membuat keduanya hampir memiliki kemiripan. 

WhatsApp WhatsApp us