Blog

Apa Saja Manfaat Push Notification Untuk Digital Marketing?

Untuk beberapa orang mungkin tidak mengetahui manfaat push notification untuk digital marketing. Padahal penggunaan push notification ini sangatlah bermanfaat untuk lebih efisien dan juga memudahkan pelanggan jika ingin berkomunikasi dengan penjual. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan push notification untuk digital marketing Anda.

Manfaat push notification untuk digital marketing

1. Mudah digunakan

Jika dibandingkan dengan menggunakan email, penggunaan push notification akan jauh lebih mudah. Hal ini karena push notification hanya akan memberikan informasi penting yang dibutuhkan atau informasi-informasi umum yang sering ditanyakan oleh pelanggan. Hal ini lebih efektif daripada harus menggunakan customer service yang sudah pasti akan dihandle oleh beberapa orang.

Selain itu penggunaan push notification untuk pelanggan akan dirasa lebih user friendly. Hal ini dikarenakan pengguna atau pelanggan tidak perlu menyimpan nomor atau menghubungi nomor yang tertera terlebih dahulu untuk menanyakan informasi terkait produk.

2. Mendapatkan insight perilaku pengguna

Hal yang penting saat menggunakan digital marketing adalah mengetahui data dari pelanggan atau insight. Insight ini nantinya akan berguna untuk melihat sejauh mana aktivitas pelanggan atau audience pada sosial media atau digital platform yang sedang Anda gunakan untuk pemasaran.

Melalui push notification ini bisa memberikan Anda informasi analitik mengenai data dari pengguna. Mulai dari perangkat yang digunakan, cara pelanggan atau audience menggunakan aplikasi Anda hingga situasi yang bisa menghasilkan engagement tinggi.

Engagement ini biasanya seperti pelanggan yang men-share link atau postingan Anda di sosial medianya yang lain. Oleh karena itu banyak sekali jasa digital marketing yang menggunakan push notification untuk digital marketingnya.

3. Pelanggan memiliki lebih banyak kontrol

Manfaat lain dari push notification untuk para pengguna adalah mereka bisa memiliki kontrol total. Kontrol total di sini berarti pelanggan bisa memilih jenis notification seperti apa yang akan dikirimkan dari aplikasi tersebut.

Dengan memiliki kontrol yang lebih atau total pelanggan tentunya juga akan merasa diuntungkan atau merasa menjadi bagian dari bisnis Anda. Dengan begitu kemungkinan untuk mendapatkan pelanggan baru akan semakin tinggi, dimana juga bisa meningkatkan konversi penjualan Anda.

4. Meningkatkan engagement pengguna

Penggunaan push notification juga bisa berguna untuk memperbaiki retensi. Misalnya untuk pengguna aplikasi yang sudah jarang membuka aplikasi tersebut kemudian dengan bantuan dari push notification, kemungkinan mereka untuk membuka kembali aplikasi akan semakin besar. Akan tetapi jangan lupa untuk tetap menggunakan konten marketing yang menarik, sehingga pelanggan tersebut merasakan keuntungan dari menggunakan atau membuka kembali aplikasi Anda.

Demikian artikel mengenai manfaat push notification untuk digital marketing yang semoga menjawab keraguan Anda untuk mulai menggunakan push notification sebagai bagian dari pemasaran digital.

Oleh: gogo.co.id

WhatsApp WhatsApp us