Blog

Alasan Perlu Memanfaatkan Search Engine Marketing

Nama Search Engine Marketing cukup familiar terutama di kalangan pemasaran digital dan pelaku bisnis online. Dengan menciptakan SEM, bukan hanya penjualan produk yang mengalami peningkatan. Nama website pun ikut populer dan terpahat sempurna di ingatan konsumen.

Alasan perlu memanfaatkan search engine marketing

1. Meningkatkan pengenalan brand

Salah satu tujuan melakukan SEM adalah meningkatkan pengenalan konsumen terhadap website perusahaan yang secara tidak langsung turut meningkatkan pengenalan brand. Bahkan menurut riset Google, aktivitas ini bekerja 80% lebih banyak daripada iklan lainnya.

Mengapa demikian? karena iklan yang muncul di bagian depan tidak pernah luput dari perhatian seseorang. Orang mungkin tidak membuka iklan tersebut tapi mereka tetap membacanya. Keuntungan melakukan SEM, iklan Anda akan ditampilkan baik di situs maupun berbagai aplikasi yang berpartner bersama Google.

2. Menjangkau konsumen lokal

Salah satu trik yang dilakukan oleh digital agency guna mendorong peningkatan penjualan lokal tidak lain dengan SEM. SEM bekerja jauh lebih efektif dari elemen pemasaran digital lainnya. Caranya sangat mudah, cukup gunakan keyword yang lebih jelas sehingga bisa menjaring konsumen lokal. Contohnya “ toko perhiasan di Surabaya” dengan kata kunci Surabaya, penduduk Surabaya dan sekitarnya akan tertarik untuk melihat iklan tersebut terutama mereka yang ingin membeli atau menjual perhiasan.

3. Meningkatkan conversion

Beberapa orang mungkin tidak menyadarinya jika melakukan SEM secara otomatis akan mendorong conversion lebih baik daripada SEO. Mengingat SEM bekerja dengan cara menargetkan keyword yang lebih terarah. Sehingga iklan yang tampil di halaman utama Google benar-benar ditujukan untuk target marketing. Bukan asal ditampilkan untuk setiap orang yang menggunakan Google. Akibatnya daya beli produk akan lebih bagus, bila terjadi setiap hari tidak menutup kemungkinan trafik penjualan akan selalu berada di atas.

4. Budget bisa disesuaikan dengan kemampuan perusahaan

Saat memilih SEM sebagai salah satu aktivitas digital marketing, perusahaan sudah mengetahui berapa besar budget yang dibutuhkan. Uniknya, budget yang diperlukan ternyata bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan. Sangat bertolak belakang dengan nama Google yang dikenal sebagai perusahaan unicorn dengan skala global.

Yang ditawarkan oleh Google adalah paket berlangganan yang ditawarkan dengan harga yang bervariasi. Jika perusahaan Anda masih tergolong baru dan butuh banyak modal untuk membangun citra dan bisnis, pilih paket penawaran SEM yang paling murah.

Mahal atau murahnya SEM yang ditawarkan Google tidak akan memberikan banyak dampak bila Anda mampu mengatur iklan dengan sebaik dan semenarik mungkin. Dan bila ingin mengganti paket dengan yang lebih mahal, Anda cukup geser dan pilih paket termahal.

Itulah pentingnya menggunakan Search Engine Marketing yang sayangnya tidak dipahami dengan baik oleh para pelaku bisnis online di tanah air. Padahal bila dimanfaatkan dengan baik sebaik SEO, SEM bisa mendatangkan keuntungan lebih besar.

Oleh: gogo.co.id

WhatsApp WhatsApp us