7 Strategi Online Marketing untuk Pemula Dijamin Sukses

Online marketing yaitu pemasaran menggunakan kemajuan teknologi. Strategi online marketing digunakan supaya efektif pemasaran yang dilakukan untuk menghindari pemasaran yang percuma. Online marketing tidak sama seperti advertising sehingga bagi pemula harus mempelajari.

Strategi online marketing yang harus diketahui

  1. Fokus kepada konsumen

Konsumen merupakan kunci penting dalam sebuah strategi marketing dan menjadi prioritas. Hal pertama dapat menanyakan seputar bagaimana menemukan brand dan menanyakan pengalaman para konsumen.

Dapat juga membentuk buyer person yang dikelompokkan berdasarkan status demografis-nya. Selain itu dapat juga menanyakan seputar pertanyaan seperti yang membuat tertarik dengan brand Anda atau keputusan alasan untuk membeli produk tersebut.

Melalui pertanyaan tersebut Anda dapat mengetahui alasan konsumen memilih produk tersebut. Strategi online marketing dengan sosial media juga mengharuskan untuk mempelajari konsumennya.

2. Mengikuti conversion funnel

Jika Anda sudah mengetahui pemikiran konsumen, Anda dapat membuat diagram berupa conversion funnel. Yang merupakan jenis diagram untuk konsep penting di online marketing. Bentuk funnel dapat berbeda tergantung dari kebutuhan masing-masing produk.

3. Konten marketing digunakan untuk berhubungan dengan konsumen

Konten marketing berpengaruh terhadap membangun relasi antara konsumen dengan calon konsumen. Selain itu juga memiliki peran untuk meningkatkan brand awareness bisnis untuk mengembangkan bisnis agar lebih banyak dikenal.

Konten marketing dapat berupa konsep cerita yang menarik untuk konsumen. Hindari storytelling sebagai konten marketing karena dapat menyulitkan dalam penulisan. Konten marketing sendiri tidak diperbolehkan sebagai media menjual suatu produk.

Akan tetapi ditujukan sebagai memperkenalkan brand kepada publik. Konten marketing memiliki bentuk tulisan ada juga terdapat dalam bentuk video, buku elektronik, hingga e-book. Selain itu juga dapat menggunakan infografik sebagai konten marketing.

4. Gunakan email marketing

Anda dapat menggunakan email marketing sebagai alat berhubungan langsung lebih personal dengan konsumen. Email marketing memiliki sifat yang paling personal dan dapat langsung berinteraksi dengan konsumen.

Sebelum mengirimkan email Anda dapat mempersiapkan terlebih dahulu mailing list. Dapat juga mengajak para konsumen untuk berlangganan email melalui website. Perhatikan strategi dalam email marketing yaitu kepentingan, relevansi, dan konten.

5. Menggunakan affiliate marketing

Affiliate marketing merupakan proses pemasaran melalui internet yang menjualkan produk milik orang lain. Keuntungan dapat didapatkan melalui komisi hasil penjualan yang dilakukan. Lakukan trik agar konsumen ingin membeli produk tersebut.

Anda dapat mengaplikasikan affiliate marketing untuk membantu penjualan produk. Secara garis besar disebut kerja sama dalam menawarkan produk yang telah disepakati sebelumnya.

6. Gunakan Pay-Per-Click marketing

Strategi online marketing yang efektif berikutnya yaitu PPC marketing yang memanfaatkan iklan Anda muncul di mesin pencari. Cara kerjanya ketika iklan diklik maka Anda akan dikenai biaya untuk membayar mesin pencari. Untuk menjalankan ini harus melakukan riset dan memilih kata kuci yang pas yang dapat menarik perhatian pengunjung.

7. Optimasi SEO website

SEO sangat berpengaruh terhadap online marketing. User experience harus sejalan dengan SEO karena user experience yang akan membantu website mudah ditemukan.

Ada beberapa macam strategi online marketing yang dapat digunakan untuk memasarkan suatu brand dan produk. Seperti fokus kepada konsumen, mengikuti conversion funnel, menggunakan konten marketing dan email marketing. 

WhatsApp chat