Blog

7 Cara Menggunakan Google Trends Untuk Riset Keyword Terbaik

Cara menggunakan Google Trends untuk meningkatkan jangkauan pembaca website. Dengan melakukan riset keyword menggunakan Google Trends memiliki beberapa langkah yang harus dilakukan. Berikut cara riset kata kunci melalui Google Trends.

Cara menggunakan Google Trends untuk riset keyword

  1. Telusuri keyword di Google Trends

Anda sebelumnya pastikan sudah memiliki topik yang akan ditelusuri, kemudian masukkan ke dalam kolom yang tersedia. Selanjutnya akan ditampilkan hasil halaman yang memiliki tampilan data keyword yang dapat digunakan.

Jika Anda tidak memiliki ide topik untuk ditelusuri dapat menggunakan dari contoh pencarian paling populer di beberapa negara yang sudah ada. Jika ingin menyesuaikan negara dapat melakukan pengaturan di bagian pojok kanan atas.

2. Analisa grafik Google Trends

Tampilan grafik yang terdapat di halaman Google Trends bukan mencerminkan banyaknya pencarian, melainkan indeks ketertarikan publik. Pada angka 0 di grafik menunjukkan tidak ada data dan angka 50 menunjukkan ketertarikan publik hanya setengah dari total.

Sedangkan pada grafik yang menunjukkan angka 100 berarti penelusuran tersebut menduduki puncak popularitas. Hal tersebut dapat digunakan sebagai cara menggunakan Google Trends untuk bisnis

3. Bandingkan beberapa keyword serupa

Google Trends memiliki fitur pencarian kata kunci lebih dari satu yang kemudian dapat melakukan perbandingan. Hal tersebut memudahkan Anda untuk memilih dan melakukan komparasi kata kunci yang memiliki relevansi dan popularitas tinggi.

4. Terapkan kategori penelusuran keyword

Selain memberikan insight sebagai mesin penelusuran, Google Trends juga bisa digunakan lainnya. Sebagai contoh mencari ide dan mencari data keyword untuk kategori lain.

Kategori lain melingkupi pencarian Youtube, Google Shopping, pencarian data, pencarian gambar, dan pencarian web. Fitur tersebut bermanfaat sebagai target salah satu kanal Youtube, toko online, atau website berita.

5. Optimalkan keyword berdasarkan wilayah

Bisnis online yang bergerak di bidang penjualan produk dimana target pasar secara regional bisa menjadi solusi efektif. Hal tersebut dapat membantu menaikkan penjualan. Pencari pada Google Trends dapat menggunakan data geografis sebagai titik fokus daerah.

Seperti contoh memasukkan kata kunci kemudian akan menampilkan hasil urutan ketertarikan sesuai popularitas. Sehingga Anda dapat menargetkan iklan sesuai daerah dengan ketertarikan yang tinggi.

6. Analisis trend musiman

Biasanya banyak ditemukan pada saat musim tertentu seperti mengadakan promo di musim hari raya, tahun baru, dan lainnya. Dengan melalui Google Trends untuk identifikasi lonjakan pencarian untuk kata kunci tertentu dan membuat strategi konten di waktu tepat.

Pencarian ini dapat memperlihatkan bagaimana perubahan kata kunci dari waktu sebelumnya. Mengalami kenaikan atau penurunan sehingga dapat digunakan sebagai strategi. Jika mengalami kenaikan maka dapat digunakan pada periode yang sama.

Setelah identifikasi kata kunci musiman, dapat melakukan penyusunan kalender konten. Periksa bahwa konten sudah dipublikasi sebelum 1-2 minggu tren naik. Sehingga dapat mengetahui konten sudah terindex mesin pencarian ketika naik popularitasnya.

7. Analisa keyword melalui tren menurun

Cara menggunakan Google Trends yang benar terakhir yaitu menganalisis melalui tren menurun. Google Trendsss memiliki kelebihan dapat melihat sebuah topik tersebut memiliki penurunan atau kenaikan sesuai tingkat popularitas. Selain itu Anda juga dapat menggunakan Ahrefs, SEMrush, Google Keyword Planner, dan lainnya.

Dalam cara menggunakan Google Trends dapat digunakan sebagai alat untuk melakukan riset kata kunci yang relevan sesuai dengan topik. Dengan menggunakan Google Trends memiliki kemudahan dalam menganalisis keyword yang sesuai dengan tingkat popularitas serta Analisa lainnya. 

WhatsApp WhatsApp us