6 Tujuan Konten Marketing Untuk Bisnis Pada Perusahaan

Konten marketing adalah strategi menarik pelanggan. Tujuan konten marketing dalam mengembangkan bisnis sangat berpengaruh sehingga banyak diterapkan oleh pelaku bisnis. Hal ini berfokus pada strategi pemasaran pada pendistribusian, pembuatan, dan perencanaan.
6 Tujuan konten marketing yang penting untuk bisnis
- Meningkatkan brand awareness
Salah satu tujuan konten marketing digunakan adalah meningkatkan dan membangun brand awareness. Untuk memperlihatkan identitas brand kepada pelanggan dapat menjadi peluang yang berkualitas dalam memberikan konten.
Tidak hanya sekedar dari pengenalan brand melainkan juga memahami kualitas serta value. Hal tersebut dapat membuat persepsi top of mind di mata pelanggan. Hal tersebut dapat meningkatkan pelanggan dan penjualan produk.
- Meningkatkan konversi
Beberapa hasil menunjukkan bahwa dengan melakukan konten marketing terbukti terdapat peningkatan pada conversion rate. Studi menunjukkan bahwa konten yang baik dalam strategi pemasaran dapat meningkatkan sampai 6 kali lipat konversinya.
Rata-rata pada conversion rate bagi website sekitar 2,9% dengan melakukan strategi konten. Kemudian pada website yang tidak melakukan strategi konten marketing memiliki rata-rata konversi sekitar 0,5%.
- Membangun kepercayaan pelanggan
Tujuan adanya strategi marketing yaitu dapat membangun kepercayaan pelanggan. Strategi pemasaran yang baik dilakukan bisa menambah nilai brand image bagi pelanggan. Sehingga rasa kepercayaan pelanggan dapat timbul dan dibangun dengan mudah. Hal tersebut timbul karena dipicu dari pengaruh strategi marketing yang dibuat secara efektif.
- Membangun loyalitas pelanggan
Jika pada kepercayaan pelanggan sudah timbul maka pelanggan akan condong melakukan pembelian. Hal tersebut terjadi karena pelanggan sudah mengetahui dan percaya atas brand yang telah dibangun. Sehingga akan timbul rasa loyalitas karena sudah timbul percaya.
- Mengendalikan biaya pemasaran
Strategi konten marketing memiliki anggaran yang lebih sedikit dikeluarkan dibandingkan dengan melakukan kegiatan marketing melalui manual. Anggaran biaya yang dikeluarkan sekitar 62% lebih rendah untuk strategi konten marketing.
Biaya yang dikeluarkan lebih rendah tidak membuat konten marketing memiliki keefektifan yang diragukan. Akan tetapi malah memiliki peluang yang lebih banyak untuk menjangkau pelanggan dan dinilai lebih efektif.
Hal tersebut dapat dipraktekkan untuk mengurangi biaya pemasaran yang dapat digunakan sebagai biaya lainnya. Kemudian juga dapat dikategorikan sebagai tujuan konten marketing pada perusahaan. Karena dapat menjadi keuntungan suatu perusahaan.
- Mengoptimalkan SEO
Konten berupa artikel yang dipublikasikan melalui website bisa menaikkan kualitas SEO pada website. Sehingga memiliki pengaruh positif untuk menaikkan trafik sebanyaknya. Namun dalam mengoptimasi SEO diperlukan beberapa hal yang harus dilihat.
Hal yang perlu diperhatikan yaitu meta description, judul, kata kunci, dan gambar yang sesuai topik. Performa website juga memiliki pengaruh dalam kualitas SEO.
Konten untuk marketing dapat dilakukan oleh pelaku bisnis. Tujuan konten marketing sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan suatu produk atau usaha. Konten marketing juga dapat menjadi alternatif pemasaran yang mudah, biaya sedikit daripada lainnya, dan modern.
Recent Comments