Blog

6 Tips Pemasaran Pesan Instan untuk Tingkatkan Penjualan

Tips pemasaran pesan instan dapat dilakukan untuk pemasaran yang lebih efektif sebagai meningkatkan penjualan. Menurut riset pesan instan lebih sering dibuka sekitar 90% dari semua pesan teks yang ada dengan kurung waktu 3 menit awal.

Beberapa tips pemasaran pesan instan

  1. Membangun basis data nomor telepon

Berikan waktu sendiri untuk melakukan pencatatan daftar seluler dari basis data kontak konsumen. Buatlah kode pendek yang berisikan pertanyaan mengenai ketersediaan untuk menerima SMS bisnis.

Konsumen akan mengirimkan teks ke kode bisnis untuk menjawab persetujuan ketersediaannya. Terlebih jika Anda dapat mengetahui jam yang efektif untuk mengirim sehingga berpeluang untuk menerima SMS.

2. Penawaran eksklusif

Tips pemasaran pesan instan untuk marketing selanjutnya adalah menawarkan secara eksklusif. Menawarkan hadiah kepada yang ikut berpartisipasi atas program merupakan strategi yang cukup baik.

Dengan melakukan penawaran SMS eksklusif yang terikat sebagai pemelihara hubungan dengan konsumen yang lebih baik. Pesan teks yang berupa penawaran dapat berisikan diskon atau penawaran lainnya yang menarik yang digunakan untuk produk atau layanan.

3. Mengirim pesan teks saat waktu yang tepat

Waktu pengiriman pesan instan memiliki pengaruh terhadap tingkat efektivitas. Anda harus menemukan waktu yang tepat kapan target berpeluang dapat menanggapi, membaca, dan membuka pesan yang dikirimkan.

Hindari mengirimkan pesan di atas pukul 9 malam karena waktu tersebut dinilai kurang efektif untuk dilakukan. Anda dapat melakukan pengiriman pesan ketika jam makan siang dan jam pulang kantor atau dapat melakukan riset untuk lebih tepatnya.

4. Langsung mengarah ke inti

Pesan SMS yang berisikan teks Panjang biasanya akan cenderung tidak dilihat oleh audiens. Anda dapat melakukan pesan singkat langsung menuju ke inti yang dimaksud sehingga audiens langsung mengerti maksud dari pesan teks.

Menautkan sebuah link untuk informasi lebih lanjut dapat dilakukan. Dimana audiens yang ingin mengetahui informasi lebih lengkap dapat mengaksesnya. Tips yang dapat dilakukan yaitu maksimal teks 160 karakter, hindari singkatan atau emoji, menggunakan kata jelas.

5. Panggilan untuk bertindak

Kata dalam pesan teks tidak terlalu dipentingkan dengan syarat sudah memuat frasa ajakan untuk bertindak mengenai informasi. Gunakan kata ajakan untuk memberi tahu kepada audiens untuk melakukan apa yang diinginkan. Hindari kata yang bersifat membingungkan dan juga ambigu atau memiliki makna ganda yang dapat merusak maksud pemasarannya.

6. Menceritakan penjualan yang akan datang

Pesan teks menjadi cara yang cukup efektif sebagai media pemasaran untuk menaikkan penjualan yang sedang dipasarkan. Tips pemasaran pesan instan untuk bisnis yaitu dengan memberitahu kepada pelanggan mengenai penjualan yang akan datang.

Dengan memberikan peringatan atas promosi atau event di masa mendatang yang dapat menarik perhatian pelanggan. Bahkan sebelum tanggalnya produk atau layanan mendapat tanggapan antusias dari pelanggan.

Pesan instan dipercaya dapat lebih efektif dibandingkan Teknik pemasaran lainnya sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Ada beberapa tips pemasaran pesan instan yang dapat dilakukan untuk menghubungkan dengan pelanggan dan memaksimalkan pemasaran.

Oleh: gogo.co.id

WhatsApp WhatsApp us