Blog

6 Jenis Infografis untuk Marketing Bisnis Anda

Infografis yaitu konten berisi informasi menarik sebuah brand. Jenis infografis untuk marketing terdapat beberapa jenis yang dapat digunakan untuk promosi brand. Infografis dapat merangkum informasi yang banyak dan rumit menjadi lebih ringkas dan mudah dipahami.

Beberapa jenis infografis untuk marketing

  1. Process infographic

Jenis infografis ini memiliki tujuan memperlihatkan suatu proses. Jenis ini memiliki gambaran menampilkan suatu proses sesuai dengan urutan langkahnya dengan runtut dan sederhana. Hal ini dapat digunakan untuk menjelaskan tips atau cara membuat sesuatu.

Jenis infografis untuk marketing pemasaran ini harus lebih diperhatikan dan memilih isi kata yang sesuai tidak terlalu rumit atau panjang. Selanjutnya memperhatikan dari segi visual setiap langkah supaya dapat menarik perhatian audiens.

2. Informational infographic

Jenis informational infographic merupakan contoh infografis yang dapat ditemui di media sosial dan populer. Hal ini dapat bermanfaat untuk berkomunikasi tentang konsep secara jelas. Infografis ini dapat digunakan untuk memberikan gambaran umum suatu topik.

Pada judulnya biasanya menggunakan angka dan berisikan informasi yang singkat. Selain itu juga menggunakan warna yang mencolok dan cerah sebagai daya Tarik melalui infografis.

3. Statistical infographic

Survei biasanya memiliki hasil dalam bentuk artikel yang memiliki penjelasan yang sulit dipahami. Akan tetapi Anda dapat menunjukkan hasil survei menjadi lebih mudah dipahami dan lebih ringkas menggunakan statistical infographic ini.

Grafik dan bagan yang digabungkan melalui infografis jenis ini sebagai pendukung data statistik yang mudah dipahami. Dalam menggunakan grafik dan bagan merupakan pilihan yang bagus jika terdapat banyak data angka yang ingin dijelaskan dengan mudah.

4. Timeline infographic

Jenis infografis timeline ini dapat banyak ditemukan dan populer sebagai menampilkan informasi dalam kronologis. Timeline infographic bermanfaat bagi informasi yang diberikan secara runtut. Jika ingin menampilkan informasi yang lebih rumit misalnya tanggal bersejarah yang dapat mudah disampaikan dengan sederhana.

5. Infographic resume

Tujuan infografik jenis ini yaitu menyampaikan informasi untuk banyak audiens yang lebih mengarah promosi pribadi ke perekrut. Memiliki resume menarik akan lebih mudah ditarik oleh recruiter.

Resume yang menggunakan infografis saat ini banyak diminati dan digunakan karena bagus dari segi tampilannya. Infografis yang bersifat visual akan lebih menarik digunakan ketika wawancara kerja. Selain itu resume jadi mudah dipahami isinya.

6. List infographic

Jenis infografis untuk marketing pada konten yaitu list infographic. Konten yang berisikan tips sesuatu akan menarik perhatian audiens karena keingintahuan mengenai tips apa yang diberikan.

Melalui jenis infografis list dapat meringkas informasi seputar tips atau lainnya menjadi hal yang lebih menarik. Informasi disarankan bersifat padat dan tidak berbelit. Saat melakukan listing dapat divariasi dengan pilihan warna sebagai pengganti angka.

Beberapa contoh mengenai jenis infografis untuk marketing yang dapat diterapkan sebagai strategi konten marketing. Perlu diingat infografis merupakan rangkuman dari informasi yang disajikan dalam bentuk visual sebagai fungsi memudahkan pemahaman dan menarik audiens.

WhatsApp WhatsApp us