Blog

5 Strategi Jitu Sosial Media Marketing Untuk Bisnis Skala Kecil

Sosial media marketing memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap pertumbuhan industri produksi dan jasa di seluruh dunia. Paling tidak, perusahaan bisa membebaskan diri dari sewa tenaga pegawai harian guna menyebarkan selebaran produk atau pasang iklan di radio.

Bisnis kecil mungkin menghabiskan dana lebih sedikit dari perusahaan Unicorn, namun rasa sakit kegagalan bisnis yang dialami juga sama besarnya. Hindari kegagalan marketing dengan mengikuti strategi berikut ini.

Ini dia strategi jitu sosial media marketing bisnis skala kecil

1. Bangun kepercayaan pada brand

Pertama, silahkan Anda bangun brand awareness dalam citra positif. Lakukan berbagai kegiatan dengan tujuan untuk memperkuat kepercayaan pelanggan. Setelah pelanggan percaya dengan brand baru Anda, tidak sulit bagi mereka untuk membeli atau menggunakan jasa yang Anda tawarkan.

Silahkan kembangkan website bisnis yang formal, sederhana tapi tetap profesional. Usai membangun website yang menarik, tambah informasi branding dengan promosi via sosial media.

2. Membuat konten berkualitas dan bermanfaat

Apa nilai yang ingin Anda sampaikan pada konten bisnis Anda? Daripada membuat iklan dengan resolusi visual tertinggi, lebih baik ciptakan konten berkualitas dan bermanfaat. Pendekatan ini jauh lebih baik dan efektif guna menarik minat dan perhatikan audience.

Bahkan perusahaan yang memanfaatkan layanan digital marketing juga rutin mengunggah konten valuable. Mereka membantu pembaca untuk menyelesaikan masalah dengan membeli produk perusahaan.

Misalnya, perusahaan bergerak dalam bidang kecantikan maka buatlah konten kecantikan atau informasi lain yang berkaitan dengan produk yang Anda promosikan.

3. Menarik lebih banyak pelanggan potensial

Bisnis kecil membutuhkan banyak sekali pelanggan potensial untuk bisa bertahan dalam jangka waktu panjang. Anda bisa memanfaatkan berbagai sosial media seperti Instagram, Facebook atau Twitter guna menjaring target audience potensial.

Makin banyak orang yang tertarik dengan produk Anda karena melihat nilai dan manfaatnya otomatis makin baik juga bagi kelangsungan perusahaan.

4. Tambahkan gambar unik untuk menarik perhatian pelanggan

Tips media sosial marketing lainnya adalah menambahkan gambar unik pada setiap postingan yang Anda buat. Gambar unik ini harus memiliki tingkat relevansi tinggi dengan tulisan yang Anda ciptakan sebelumnya.

Misalnya Anda mengulas mengenai dampak lingkungan, maka gunakanlah gambar yang mencerminkan konten tersebut.

5. Jalin komunikasi intens bersama pelanggan

Tidak cukup hanya mendapatkan pelanggan potensial terbaru, bisnis kecil juga harus menjalin hubungan komunikasi intens bersama seluruh pelanggan. Cara ini memudahkan perusahaan untuk melakukan promosi produk berikutnya.

Jalinan komunikasi yang kuat juga bisa memberikan Anda informasi akurat mengenai penilaian pelanggan terhadap jasa atau produk yang Anda tawarkan. Apakah layanannya sudah cukup baik atau masih perlu diperbaiki lagi?

Itulah beberapa strategi bisnis marketing yang harus Anda lakukan terutama ketika memanfaatkan media sosial. Jangan sampai sosial media marketing yang Anda lakukan tidak memberikan dampak apa pun terhadap pertumbuhan keuntungan perusahaan.

Oleh: gogo.co.id

WhatsApp WhatsApp us