Blog

5 Prinsip Psikologi Agar Website Lebih Menarik dan Meningkatkan Konversi

Website sangat berpengaruh bagi digital agency Jakarta yang ingin tingkatkan brand awareness untuk bisnis yang dimiliki. Apalagi desain website menjadi salah satu kriteria untuk melihat dan mengetahui apakah suatu perusahaan itu kredibel atau tidak. Sehingga sangat penting membuat website semakin menarik dan berikut ada 5 prinsip yang bisa diikuti jika ingin website lebih menarik dan konversi meningkat.

Tingkatkan konversi website digital agency Jakarta dengan 5 prinsip psikologi berikut

1. Hukum Pragnanz

Prinsip utama disebut Hukum Pragnanz sesuai Psikologi Gestalt,  dimana hukum ini berisi bahwa pengalaman sebaiknya diatur dengan cara yang sederhana namun tetap simetris dan teratur. Titik beratnya pada manusia yang cenderung melihat fenomena visual secara keseluruhan bukan sebagian.

Hukum ini bisa digunakan oleh jasa agensi digital Jakarta untuk kebutuhan website dengan cara mengelompokkan elemen yang bisa dihubungkan antara satu dengan lainnya, misalnya gambar, kotak testimoni dan tombol konversi. Jika elemen dikelompokkan maka informasi bisa diproses lebih cepat sehingga konversi bisa ditingkatkan.

2. Asas Manfaat

Jika gagasan  yang dimiliki kemudian diinformasikan kepada orang banyak, dan gagasan ini bermanfaat maka juga akan semakin ramai orang melakukan seperti yang disebutkan dalam gagasan tersebut. Hubungannya dalam meningkatkan konversi website ialah dengan memanfaatkan platform sosial, meskipun perubahan dilakukan dalam skala kecil namun akan didapatkan perubahan dalam skala besar. Salah satunya dengan cara mencantumkan kata free di bagian samping button Sign Up Now. Jika cara ini dilakukan maka konversi website akan meningkat sekian persen dibandingkan sebelum mencantumkan free.

3. Gunakan Pengalaman

Pengalaman yang didapatkan di masa lalu memiliki manfaat salah satunya untuk tingkatkan konversi website. Pengalaman memiliki peluang besar untuk menarik perhatian orang lain mengunjungi website yang dimiliki. Tentunya pengalaman yang baik dan bermanfaat sebab jika pengalaman yang diberikan atau ditampilkan tidak baik maka pengunjung akan meninggalkan website. Sehingga sangat penting bagi digital marketing Jakarta untuk selalu berinovasi menghasilkan website semakin baik dengan berbagai pengalaman yang menarik agar lebih mudah menarik perhatian pengunjung.

4. Terapkan Fitt’s Law

Prinsip Fitt’s Law lebih menitikberatkan kepada waktu  yang diperlukan saat memasukkan target ke dalam website yang dimiliki, misalnya gambar, tombol dan teks. Menggunakan mouse semakin mudah dituju dan semakin dekat sehingga lebih cepat dalam menarik pengunjung atau pengguna.

5. Memanfaatkan Wajah

Jika dilihat maka banyak orang suka dengan wajah manusia sebab akan timbul perasaan empati pada wajah yang dilihat. Misalnya jika website yang dibuat membahas berbagai hal tentang kehidupan dan berbagai masalah yang ada dalam hidup, maka sangat bagus jika memasukkan gambar wajah dalam artikel yang dibuat tersebut, dalam testimoni ataupun studi kasus.

Tentunya wajah yang digunakan sesuai dengan materi bahasan sehingga saat pengunjung membaca dia akan setuju dengan isi website tersebut. Misalnya jika isi website berbicara tentang karier maka sebaiknya gunakan wajah wanita karier, jadi saat pengunjung membaca artikel tersebut akan masuk ke hatinya.

Inilah 5 prinsip psikologi yang bisa dimanfaatkan oleh digital agency Jakarta untuk tingkatkan konversi website, selamat mencoba.

Oleh: gogo.co.id

WhatsApp WhatsApp us