Blog

4 Strategi Push Notification Untuk Digital Marketing

Mengetahui strategi push notification untuk digital marketing menjadi hal yang penting. Hal ini karena akan berpengaruh pada tingkat ketertarikan pelanggan pada pesan tersebut. Push notification sendiri merupakan pesan notifikasi yang muncul pada browser atau layar device Anda. Push notification tersebut biasanya bertujuan untuk memberikan informasi terbaru mengenai hal yang berkaitan dengan sebuah brand, misalnya terdapat promo, katalog terbaru hingga informasi mengenai stok barang yang masih tersisa.

Semua informasi tersebut bisa ditampilkan dalam bentuk push notification. Akan tetapi penggunaan push notification tersebut harus juga menggunakan strategi yang tepat agar juga bisa tepat sasaran. Berikut adalah beberapa strategi yang bisa Anda lakukan.

Strategi push notification untuk digital marketing

1. Mempelajari preferensi pengguna

Setiap pengguna sudah pasti memiliki banyak sekali preferensi atau keinginan yang berbeda. Misalnya pengguna A akan lebih menyukai konten tentang kecantikan, sedangkan pengguna B lebih menyukai konten berisi olahraga. Jadi agar push notification dari brand Anda bisa menghasilkan engagement secara optimal, ada baiknya untuk mengetahui preferensi yang disukai setiap pengguna platform tersebut.

2. Pilihlah waktu yang tepat

Pemilihan waktu yang tepat untuk mengirimkan push notification juga menjadi pertimbangan yang penting. Jangan sampai push notification tersebut justru mengganggu pelanggan Anda. Bahkan pelanggan Anda bisa saja mematikan push notification Anda agar tidak mengganggu.

Oleh karena itu pilihlah waktu yang tepat dimana pelanggan tidak akan terganggu dan justru membuka dan tertarik dengan pesan push notification Anda. Menggunakan jasa digital agency juga bisa Anda gunakan untuk membantu pemilihan waktu yang tepat.

3. Menjadwalkan berdasarkan geo-location

Dalam mempublish push notification Anda sudah pasti memiliki jadwal yang sudah direncanakan sebelumnya. Akan tetapi akan lebih baik untuk menggunakan geo-location dalam jadwal atau waktu pengirimannya. Hal ini dikarenakan pelanggan Anda bisa saja dari berbagai wilayah di Indonesia yang memiliki perbedaan waktu. Belum lagi jika ada pelanggan Anda yang tinggal di luar negeri dimana juga akan ada perbedaan waktu yang mencolok.

Penggunaan geo-location ini memungkinkan Anda untuk mengirimkan push notification di waktu yang tepat sesuai dengan waktu pada lokasi pelanggan Anda. Sehingga isi dari push notification tersebut bisa tepat sasaran dan kemungkinan untuk pelanggan tertarik dengan pesan tersebut juga semakin besar.

4. Review statistik

Jika push notification sudah ditentukan bahkan sudah dikirimkan, penting untuk melacak hasil statistiknya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui dan juga memonitor hasil dari push notification yang sudah Anda kirimkan. Dalam kata lain dengan mengetahui statistik notification ini juga berguna untuk melakukan perbaikan dari performa push notification Anda.

Click rate menjadi salah satu metrik yang penting untuk Anda monitor secara rutin. Biasanya dalam penggunaan jasa digital marketing juga menggunakan strategi ini untuk mengevaluasi bentuk promosi.

Demikian adalah artikel mengenai 4 strategi push notification untuk digital marketing yang berguna untuk Anda.

Oleh: gogo.co.id

WhatsApp WhatsApp us