Blog

4 Cara Menentukan Target Pasar Untuk Digital Marketing

Dalam melakukan digital marketing, hal pertama yang penting untuk dilakukan adalah menentukan target pasar untuk digital marketing. Target pasar sendiri adalah sasaran pelanggan yang ingin Anda jadikan target untuk pemasaran produk Anda. target pasar sendiri juga harus sesuai dengan produk yang Anda jual.

Misalnya produk kosmetik remaja yang juga harus menggunakan remaja kisaran umur 15 hingga 20 tahun sebagai target audience. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menentukan target pasar atau niche.

Cara menentukan target pasar untuk digital marketing

1. Menawarkan produk yang unik

Sudah pasti diketahui jika menjual produk akan lebih mudah jika tidak memiliki pesaing. Jadi ada baiknya jika Anda bisa membuat ide bisnis atau usaha yang unik dimana pesaingnya tidak terlalu banyak. Cara agar Anda bisa menemukan produk yang unik atau masih jarang dijual adalah dengan mencari kebutuhan hidup yang penting dan sampai saat ini masih belum terpenuhi.

Contoh yang saat ini sudah mulai pesat adalah layanan pesan antar dari ojek online yang menawarkan pemesanan produk dengan lebih mudah dan juga cepat hanya melalui aplikasi yang ada di smartphone.

2. Mengetahui kesukaan dan ketertarikan

Langkah yang juga penting dilakukan untuk menentukan target pasar adalah dengan mengetahui ketertarikan dan kesukaan dari penggunaan media online misalnya pada pengguna sosial media. Hal ini penting karena bisnis merupakan usaha yang akan dijalankan dalam jangka waktu yang panjang, oleh karena itu penting untuk Anda mengetahui ketertarikan dalam bidang apa yang bisa mengantarkan Anda pada usaha bisnis.

Selain itu dengan mengetahui kesukaan juga bisa mengurangi kemungkinan bisnis yang berhenti karena tidak sesuai dengan minat.

3. Memastikan niche market bisa menguntungkan

Membandingkan produk yang Anda jual dengan kompetitor yang sama juga bisa membantu Anda dalam menentukan strategi yang cocok untuk melakukan pemasaran. Akan tetapi jika niche marketing digital memang masih baru, ada baiknya untuk melakukan riset pada ketertarikan audience atau calon pelanggan.

4. Uji coba ide

Melakukan uji coba terhadap produk yang akan dipasarkan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Uji coba bisa dilakukan dengan membuka atau membuat laman berupa situs yang memuat berbagai macam produk yang ditawarkan. Anda bisa mulai mencoba untuk membuka peluang memasarkan atau menjual produk tersebut.

Akan tetapi dikarenakan masih dalam uji coba, maka jangan kecewa jika pada percobaan penjualan pertama tidak bisa menghasilkan keuntungan yang maksimal. Anda bisa mulai mengevaluasi hasil dari penjualan tersebut karena bisa saja langkah pemasaran yang Anda lakukan ternyata tidak terlalu menarik sehingga kurang bisa meningkatkan penjualan.

Anda bahkan bisa menggunakan jasa digital marketing Jakarta untuk membantu membuat ide pemasaran yang menarik pelanggan.

Demikian adalah artikel mengenai cara menentukan target pasar untuk digital marketing.

Oleh: gogo.co.id

WhatsApp WhatsApp us