Blog

4 Cara Manfaatkan Mobile Application Sebagai Media Marketing

Sudahkah Anda memiliki mobile application untuk mobile marketing tercepat dan efisien? Aplikasi berbasis mobile belakangan ini banyak ditemukan di Indonesia. Pemiliknya sangat beragam, mulai dari perusahaan lokal hingga perusahaan asing yang menjalankan bisnis di sini.

Menggunakan sosial media sebagai media marketing mungkin sudah lumrah tapi bagaimana dengan aplikasi ponsel? Dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan aplikasi mobile sangat pesat. Perusahaan sengaja membuatnya demi mempermudah mobilitas pelanggan mereka.

Simak cara simpel kembangkan mobile aplikasi yang bagus dan optimal sebagai media marketing.

Cara simpel manfaatkan mobile application sebagai media marketing

1. Kelola mobile Website

Sebelum berpikir untuk membuat aplikasi berbasis mobile, Anda wajib membuat website mobile friendly terlebih dahulu. Cara ini amat sangat membantu pengguna yang terbiasa beraktivitas dengan perangkat mobile mereka.

Pastikan informasi yang tertera pada mobile website sama penuhnya dengan informasi yang tampil pada halaman komputer atau laptop. Supaya pelanggan tertarik mengunduh dan menggunakan aplikasi Anda, silahkan berikan tautan langsung pada aplikasi tersebut.

2. Secara alami libatkan diri Anda

Aplikasi mobile yang berkembang di Indonesia sangat banyak jumlahnya dan setiap aplikasi memiliki fitur yang unik. Sebelum melepaskan aplikasi Anda pada pelanggan, pastikan Anda memahami dengan baik cara kerja aplikasinya.

Apakah aplikasi tersebut bisa digunakan pada ponsel android juga iOS? Apakah aplikasi tersebut bisa berjalan dengan cepat tanpa hambatan? Cari semua informasi yang dibutuhkan dengan menjadi pengguna pertama.

3. Buat QR Code

Anda punya sosial media atau website perusahaan? Manfaatkan semua media online tersebut untuk memperkenalkan aplikasi Anda. Bagaimana caranya? Cukup posting QR code yang nantinya akan mengarahkan pada aplikasi smartphone Anda.

Penggunaan QR code saat ini sangat lumrah, bahkan kita bisa menemukannya pada iklan televisi. Daripada link/url, penggunaan QR code jauh lebih efisien dan praktis. Pengguna hanya perlu memotret dan memproses kodenya saja.

4. Iklankan aplikasi pada platform lokal

Cara lain yang bisa Anda gunakan agar pengguna aplikasi semakin banyak adalah mempromosikannya melalui platform lokal. Cukup pilih platform lokal yang benar-benar memberikan dampak aktif bukannya pasif.

Anda bisa memasang aplikasi pada Play Store atau App Store sehingga pengguna android dan iOS bisa mengakses aplikasinya dengan mudah. Untuk tahap perkenalan, baiknya gratiskan download aplikasi. Tujuannya agar pengguna mobile mengenal aplikasi Anda dengan baik.

Setelah jumlah pengunduhnya semakin banyak, Anda bisa memutuskan untuk menawarkan program premium atau tidak. Hindari posting aplikasi hanya pada web mobile saja, cara ini menghambat promosi aplikasi Anda.

Itulah beberapa hal yang harus Anda pikirkan sebelum mulai membuat dan mempromosikan aplikasi. Pembuatan mobile aplikasi sangat penting apalagi jika pelanggan Anda di website mobile semakin banyak. Baiknya, Anda berinisiatif sebelum pelanggan meminta dibuatkan mobile application terlebih dahulu.

Oleh: gogo.co.id

WhatsApp WhatsApp us