Blog

3 Tren Search Engine Optimization Paling Banyak Dibicarakan 2019

Search Engine Optimization memberikan banyak dampak bagi kelancaran bisnis maupun aktivitas personal yang berhubungan dengan media online. Sama seperti fashion, film atau bahkan model rambut, SEO juga punya trennya tersendiri. Sebagian besar orang yang sehari-harinya mengerjakan konten SEO, tentunya sudah mengenal dengan baik perkembangan tren yang sedang terjadi belakangan ini. Trend SEO 2019 sebenarnya tidak jauh-jauh dari wacana melakukan kegiatan SEO dalam versi mobile.

3 Tren Search Engine Optimization Paling Banyak Dibicarakan 2019

Sudah jadi rahasia umum, jika sebelumnya Google telah meluncurkan dua fitur yang berhubungan dengan SEO yakni PageSpeed dan SEO Mobile Friendly. Di tahun ini, kabarnya akan ada tiga tren susulan yang akan menggemparkan ranah SEO dunia.

1. Pengindeksan Melalui Mobile View

Wacana ini konon memberikan banyak pengaruh terutama pada para pakar SEO di dunia. Mengingat pada awalnya Googel hanya menyediakan SEO untuk pemakaian versi desktop saja. Namun karena semakin hari, semakin banyak pengguna ponsel pintar di dunia maka Google memutuskan untuk melakukan pengindeksan versi mobile. Cara ini tentunya sangat bermanfaat terutama bagi orang yang dalam kesehariannya sulit duduk di depan meja dan membuka laptop. Dengan pengindeksan versi mobile ini, orang bisa mengatur konten dan menggunakan SEO dengan lebih mudah.

2. PageSpeed

Versi desktop menjadi sangat populer karena mampu memberikan kecepatan yang dibutuhkan oleh pengguna. Agar pengguna lawas tidak kecewa dengan fitur SEO versi mobile yang baru diluncurkannya, mau tidak mau Google harus meningkatkan performa kecepatan versi mobile. Saking cepatnya, kegiatan search engine marketing versi mobile dan desktop konon bisa dilakukan hanya dalam waktu 5 detik saja. Dengan cara ini Google berharap banyak pengguna SEO versi desktop yang mau beralih ke versi mobile.

3. Branding

Wacana ini mungkin di masa depan akan mengalami banyak pro dan kontra. Salah satu analis tren Webmaster Google yang cukup populer di dunia, Gary Illynes mengungkapkan di Pubscon bila Google memakai branding dalam mesin penelusurannya. Dan lebih lanjut dia mengatakan jika sedikitnya terdapat dua cara untuk memanfaatkan branding sebagai sinyal peringkat. Akibatnya, sentimen terus berkembang di dunia digital marketing karena menyebut brand pada dasarnya akan mempengaruhi peringkat suatu website.

SEO merupakan bagian dasar yang sangat penting guna meningkatkan kesuksesan bisnis secara online. Dan meskipun bukan untuk tujuan bisnis, dengan SEO seseorang bisa memperkenalkan situs atau social medianya dengan mudah ke public. Tiga prediksi tentang Search Engine Optimization tersebut hingga kini masih jadi perbincangan hangat terutama di kalangan pakar SEO. Terlepas dari pro dan kontra yang ada, jika Google pada akhirnya meluncurkan dan meresmikan fitur-fitur tersebut. Maka yang perlu kita lakukan hanya memanfaatkannya sebaik mungkin.

Oleh: gogo.co.id

WhatsApp Chat with us!