Blog

Pengertian Search Engine Marketing

pengertian Search Engine Marketing

Search engine marketing – Yang dimaksud dengan search engine marketing (SEM) adalah cara pemasaran lewat internet atau digital marketing dengan mengoptimasi mesin pencari (search engine) contohnya seperti Google. Mesin pencari Google memang menjadi engine nomer 1 di dunia dengan banyak pengguna sekitar 85 persen dibandingkan dengan mesin pencari lainnya seperti Bing maupun Yahoo.

Dua macam model optimasi search engine marketing

Berbeda dengan pemasaran atau beriklan lewat media sosial seperti Facebook atau Instagram, terdapat 2 macam model atau cara optimasi pemasaran search engine ini, yaitu:

  1. SEO (Search Engine Optimization)

SEO marketing adalah cara paling halus dalam mempromosikan brand atau produk perusahaan dimana digital agency akan mengelola website yang dibangun supaya lebih disukai oleh mesin pencari, dalam hal ini misalnya Google. Sehingga nantinya ketika ada seseorang yang mengetikkan kata kunci (keyword) tertentu di search bar, maka website yang dikelola dan dibangun tersebut bisa muncul di halaman pertama pencarian, bahkan masuk 10 besar.

Cara agar bisa mengelola dan mengoptimalkan website agar lebih disukai mesin pencari ini membutuhkan keterampilan dan teknik khusus terutama agar tepat pada sasaran. Caranya juga bisa berbeda di tiap mesin pencari, selain itu pada Google sendiri sering terjadi perubahan algoritma dan perkembangan secara dinamis yang dapat berefek pada hasil pencarian. Ada banyak cara yang dapat dilakukan misalnya memperbanyak konten, membangun link, dan sebagainya.

  1. PPC (Pay Per-Click)

Strategi search engine marketing lainnya adalah memakai teknik PPC yaitu metode pemasaran menggunakan mesin pencari Google dengan menempatkan iklan berbayar berdasarkan budget harian. Jika di Google lebih dikenal dengan sebutan search advertising atau Google AdWords. Cara marketing seperti ini dilakukan melalui bidding kata kunci tertentu agar iklan berbayar tersebut bisa tampil paling atas. Iklan ini tidak hanya tampil di ‘Google Search Network’, namun juga pada berbagai macam situs/ website yang mengijinkan situs dipasangi iklan Google atau dikenal dengan istilah ‘Google Partner Networks’.

Iklan tersebut akan dibayar setelah pengguna internet mengklik iklan yang terpampang di halaman website tersebut. Iklan bisa berupa teks maupun gambar dan keduanya. Di sinilah peran digital marketing agency harus benar-benar tahu bagaimana supaya iklan banyak diklik sehingga juga mampu membawa pengguna internet tertarik akan produk dan brand perusahaan yang memasang iklan tersebut.

Ada banyak cara dalam melakukan kedua jenis pengoptimalan search engine marketing tersebut mulai dari penggunaan tools tertentu seperti Web analytics, Webmaster tools, keyword research dan sebagainya. Selain itu, digital agency juga perlu paham akan digital marketing terbaik untuk mengoptimasi pemasaran mesin pencari yang bisa tepat sasaran sesuai dengan yang dikehendaki oleh perusahaan sebagai klien mereka.

oleh: gogo.co.id